Berita  

Presiden Uganda Yoweri Museveni Tunjuk Putra Sulungnya Sebagai Panglima Militer

Muhoozi Kainerugaba Foto ChimpReports

JagatBisnis.comKementerian Pertahanan Uganda mengumumkan bahwa Presiden Uganda, Yoweri Museveni, telah menunjuk putra sulungnya, Muhoozi Kainerugaba, sebagai panglima militer. Langkah ini menandai kepercayaan yang diberikan kepada Muhoozi untuk memimpin Pasukan Pertahanan Rakyat Uganda (UPDF) sebagai Panglima Angkatan Pertahanan.

Muhoozi Kainerugaba, yang sebelumnya menjabat sebagai penasihat senior presiden dan bertanggung jawab atas operasi khusus, menggantikan Jenderal Wilson Mbasu Mbadi. Mbadi sendiri telah ditunjuk sebagai Menteri Negara tingkat junior di bidang perdagangan dalam reshuffle kabinet baru yang diumumkan sebelumnya.

Meskipun pengangkatannya sebagai panglima militer mendapat sorotan, Muhoozi Kainerugaba telah lama dipandang sebagai kandidat yang siap untuk mengambil alih kursi kepresidenan dari ayahnya, Yoweri Museveni, yang telah memerintah Uganda selama hampir empat dekade.

Baca Juga :   Jokowi Singgung Sebutan 'Pak Lurah' dan Menegaskan Perannya sebagai Presiden di Tengah Suasana Politik 2024

Namun, pernyataan kontroversial Muhoozi di masa lalu, termasuk ancamannya terhadap negara tetangga Kenya dan dukungannya kepada Presiden Rusia Vladimir Putin, telah menimbulkan kekhawatiran dan kritik dari para pengkritiknya. Undang-undang di Uganda melarang perwira militer dari terlibat dalam politik, namun Muhoozi sering kali melontarkan kata-kata kasar kepada politikus oposisi dan telah membentuk kelompok yang memobilisasi dukungan politik untuknya.

Baca Juga :   Presiden Juara Lomba Merpati Kolong Piala Menteri Koperasi UKM 

Pemilihan presiden berikutnya di Uganda dijadwalkan akan berlangsung pada awal 2026, dan diperkirakan bahwa Presiden Museveni akan mencalonkan diri kembali.

Baca Juga :   Putin Didesak untuk Kembali Mencalonkan Diri Sebagai Presiden Rusia pada 2024

(tia)

MIXADVERT JASAPRO