Berita  

Putin Didesak untuk Kembali Mencalonkan Diri Sebagai Presiden Rusia pada 2024

Presiden Rusia Vladimir Putin Foto: ANTARA News

JagatBisnis.comPemerintah Rusia atau Kremlin mengumumkan bahwa Presiden Vladimir Putin banyak mendapat desakan dari masyarakat untuk kembali mencalonkan diri dalam pemilihan presiden yang dijadwalkan pada Maret 2024. Kremlin menyatakan bahwa Putin akan mengumumkan keputusannya “ketika dia menganggapnya tepat.”

Pemilihan umum Rusia dijadwalkan berlangsung selama tiga hari, yaitu pada 15–17 Maret 2024, menurut pengumuman dari Komisi Pemilihan Umum Pusat Rusia. Seiring dengan pengumuman tersebut, diantisipasi bahwa Putin akan mencalonkan diri untuk masa jabatan enam tahun lagi.

Berdasarkan reformasi konstitusi yang diusulkannya sendiri, Putin berhak mencalonkan diri untuk dua kali periode lagi setelah masa jabatannya saat ini berakhir tahun depan, membuka peluang bagi kepemimpinan hingga tahun 2036. Dalam konteks ini, Putin tidak menghadapi persaingan politik serius karena politikus oposisinya, Alexei Navalny, 47 tahun, sedang dipenjara atas tuduhan ekstremisme sejak 2021.

Baca Juga :   Facebook Dituding Sensor Media Rusia

Navalny, sebelum dipenjara, dikenal sebagai rival Putin dan aktif dalam kampanye melawan korupsi pejabat serta mengorganisir protes besar-besaran anti-Kremlin. Meskipun pilihan politik utama terbatas, jajak pendapat menunjukkan bahwa 70 persen responden mendukung pencalonan ulang Putin.

Baca Juga :   Tragedi Tenggelam di Rusia, Mahasiswa Asal Maluku Meninggal di Sungai Volga

Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov, menyatakan bahwa Putin akan mengumumkan keputusannya pada konferensi pers tahunan dan sesi tanya jawab publik pada 14 Desember mendatang. Peskov menekankan bahwa keputusan tersebut sepenuhnya terserah pada Putin, yang selalu mengandalkan dukungan rakyat dalam menjalankan tugasnya.

Baca Juga :   Drone Kamikaze Serang Bangunan Pipa Minyak Milik Rusia

(tia)

MIXADVERT JASAPRO