Berita  

Alasan Menhan China Batalkan Pertemuan dengan Vietnam

Bendera China Foto: Bisnis.com

JagatBisnis.com  Menteri Pertahanan Tiongkok Li Shangfu tiba-tiba menarik diri dari pertemuan dengan para pemimpin pertahanan Vietnam pekan lalu.

Dilansir Reuters, informasi tersebut pertama kali disampaikan tiga pejabat yang mengetahui langsung masalah tersebut. Ketidak hadiran Menhan China itu tengah pertanyaan tentang ketidakhadirannya selama lebih dari dua minggu di hadapan publik.

Li, 65, dijadwalkan menghadiri pertemuan tahunan mengenai kerja sama pertahanan yang diselenggarakan oleh Vietnam di perbatasannya dengan Tiongkok pada 7-8 September.

Baca Juga :   Indonesia-Vietnam Sepakati 3 Kerja Sama, Penanganan Terorisme hingga Narkotika

Namun pertemuan itu ditunda setelah Beijing mengatakan kepada Hanoi beberapa hari sebelum acara tersebut bahwa menteri tersebut memiliki “kondisi kesehatan, ” kata dua pejabat Vietnam.

Penundaan pertemuan secara mendadak dan alasan yang dikemukakan oleh Tiongkok dilaporkan oleh Reuters untuk pertama kalinya.

Kantor Informasi Dewan Negara Tiongkok, serta kementerian pertahanan dan luar negerinya tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai peristiwa di Vietnam. Kedutaan Besar Vietnam di Beijing juga tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar pada Kamis malam.

Baca Juga :   Presiden Tsai Ing-wen Tak Takut Dengan Anacaman China Saat Bertamu Ke AS

Pembatalan tiba-tiba kunjungan Li terjadi tak beberapa lama setelah Menteri Luar Negeri Qin Gang diganti pada bulan Juli setelah lama absen dari pandangan publik dan perombakan kepemimpinan Pasukan Roket elit Tentara Pembebasan Rakyat dalam beberapa bulan terakhir.

Baca Juga :   COVID-19 Melonjak, Beijing Tutup Stasiun Subway

Penggantian Menlu China itu menimbulkan pertanyaan mengenai hal ini.

Li diangkat ke jabatannya pada bulan Maret. Ia diawasi dengan ketat oleh para diplomat dan pengamat lainnya karena, seperti Qin, ia juga merupakan salah satu dari lima Anggota Dewan Negara Tiongkok, posisi kabinet yang pangkatnya lebih tinggi daripada menteri biasa. (tia)

MIXADVERT JASAPRO