Indonesia-Vietnam Sepakati 3 Kerja Sama, Penanganan Terorisme hingga Narkotika

JagatBisnis.com –  Indonesia dan Vietnam menyepakati sejumlah nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU). Hal itu disepakati saat kunjungan kenegaraan Presiden Republik Sosialis Vietnam Nguyễn Xuân Phúc di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (22/12/2022).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, terdapat tiga dokumen kerja sama yang telah disepakati oleh kedua negara. Yaitu mengenai kerja sama energi dan sumber daya mineral, kerja sama penanggulangan terorisme, kerja sama pemberantasan perdagangan ilegal narkotika.

“Ketiga kerja sama yang telah disepakati oleh Indonesia dan Vietnam antara lain saling pengertian antara Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Kementerian Keamanan Umum Republik Sosialis Vietnam tentang kerja sama penanggulangan terorisme,” kata Jokowi saat memberikan keterangan pers bersama.

Baca Juga :   Bulan Depan, Vietnam Akan Buka Perbatasan untuk Turis

Lalu, lanjut Jokowi, memorandum saling pengertian antara Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia dan Kementerian Keamanan Publik Republik Sosialis Vietnam tentang kerja sama dalam pemberantasan perdagangan gelap narkotika, zat psikotropika, dan prekursornya serta memorandum saling pengertian antara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia dan Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Republik Sosialis Vietnam tentang kerja sama di bidang energi dan sumber daya mineral.

Baca Juga :   Bulan Depan, Vietnam Akan Buka Perbatasan untuk Turis

“Selain ketiga kerja sama kami berharap kerja sama Indonesia dan Vietnam dalam sektor perikanan dan pemberantasan praktik penangkapan ikan ilegal atau illegal, unreported, and unregulated (IUU) fishing dapat segera difinalisasi,” terang Jokowi. (*/esa)