Berita  

Reaksi Solidaritas Dunia Terhadap Gempa Dahsyat di Maroko yang Menewaskan Lebih dari 820 Orang

Ilustrasi Gempa Bumi Foto: iNews.id

JagatBisnis.comPemerintah dunia merespons dengan dukungan dan solidaritas yang kuat terhadap gempa bumi dahsyat yang mengguncang pegunungan High Atlas di Maroko pada Jumat malam, yang menyebabkan kematian sedikitnya 820 orang dan merusak sejumlah bangunan dalam bencana gempa bumi paling mematikan yang melanda negara itu dalam beberapa dekade.

Perdana Menteri India, Narendra Modi, yang menjadi tuan rumah KTT G20 di New Delhi, mengatakan, “Kami berdoa agar semua korban luka segera pulih. Seluruh komunitas dunia bersama Maroko dalam masa sulit ini dan kami siap memberikan semua bantuan yang mungkin kepada mereka.”

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, juga menyatakan belasungkawa terdalam bagi Maroko, mengatakan, “Saya berharap mereka yang cedera cepat pulih. Ukraina berdiri dalam solidaritas dengan Maroko selama masa tragis ini.”

Baca Juga :   Begini Isi SMS Pertama di Dunia

Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengikuti jejaknya, menyatakan, “Di Rusia, kami berbagi rasa sakit dan duka dengan rakyat Maroko yang ramah,” dalam pesannya kepada Raja Maroko, Mohammed VI.

Baca Juga :   Gempa Dahsyat 7,2 Magnitudo Guncang Maroko, PBB Siap Berikan Bantuan

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, yang negaranya juga pernah mengalami gempa bumi dahsyat pada Februari tahun ini, mengungkapkan dukungannya dengan mengatakan, “Kami mendukung saudara-saudara kami di Maroko dengan segala cara di hari yang sulit ini.” Kementerian Luar Negeri Turki pun siap memberikan dukungan untuk menyembuhkan luka-luka akibat gempa bumi di Maroko.

Baca Juga :   Maroko Cabut Kebijakan Bebas Visa Secara Sepihak

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, juga menyatakan kepedulian dan menawarkan bantuan dalam upaya bantuan. “Kita semua terpukul setelah gempa bumi dahsyat di Maroko,” kata Macron, yang dalam perjalanan menuju KTT G20 di India. “Prancis siap membantu dengan pertolongan pertama.”

(tia)

MIXADVERT JASAPRO