Begini Isi SMS Pertama di Dunia

JagatBisnis.com-Pesan teks atau Short Message Service SMS pada Desember ini usianya mencapai 30 tahun. Mau tahu, seperti apa isi SMS yang terkirim pertama kalinya di dunia? Isi SMS itu ternyata sangat singkat, yakni “Selamat Natal”. Pesan pendek itu dikirim oleh Neil Papworth, seorang developer perangkat lunak ke Richard Jarvis, salah satu orang penting di Vodafone, pada 3 Desember 1992.

“Pada tahun 1992, saya tidak
tahu akan seberapa popular SMS akan menjadi. Pesan Natal yang saya kirim ternyata jadi momen penting dalam sejarah ponsel,” ucap Neil Papworth, Minggu (4/12/2022).

Neil Papworth mengirimkan pesan pendek itu sebagai upaya percobaan teknologi pesan pendek yang hingga sekarang dikenal sebagai SMS. Pengiriman pesan teks itu bukan dilakukan melalui ponsel seperti yang kita lakukan sekarang. Neil Papworth mengirimkannya melalui sebuah komputer ke ponsel Richard Jarvis. Saat itu Vodafone memang mengontrak Neil Papworth untuk membuat sebuah teknologi yang bisa memungkinkan pengguna ponsel bertukar pesan dengan cepat.

Baca Juga :   Sri Mulyani: Dunia Dalam Keadaan Bahaya

Saat itu Neil Papworth tidak mendapatkan jawaban dari pesan yang dia kirim ke Richard Jarvis. Karena ponsel yang tersedia saat itu tidak menyediakan fitur apa pun untuk menjawab pesan teks dari Neil Papworth.

Baca Juga :   Sri Mulyani: Dunia Dalam Keadaan Bahaya

Satu tahun berselang, Nokia kemudian mengenalkan pesan teks yang lebih komplet lagi. Tidak hanya bisa menjawab pesan pendek yang dikirimkan tapi juga memberikan nada khusus saat pesan teks telah diterima. Setelahnya, SMS kemudian jadi sejarah yang sangat besar buat industri ponsel.

Baca Juga :   Sri Mulyani: Dunia Dalam Keadaan Bahaya

Saat itu banyak pengguna ponsel lebih memilih mengirimkan teks ketimbang berkomunikasi langsung. Selain lebih murah dari segi biaya, pesan teks juga kerap menghadirkan simbol-simbol unik yang jadi hiburan tersendiri.

Tidak heran jika saat itu pesan teks benar-benar booming. Padahal saat itu ponsel yang tersedia, karena ketiadaan keyboard QWERTY, sedikit menyulitkan pengiriman pesan teks. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO