Berita  

All New Ertiga Hybrid Cruise Menambah Varian Keluarga Suzuki Ertiga

JagatBisnis.com-Ajang IIMS kali ini seakan memberi semangat baru kepada para produsen kendaraan baik roda empat maupun dua ini dibuktikan dengan peluncuran kendaraan baru Suzuki yang sebelumnya mengeluarkan Suzuki Jimny 5 pintu kini dengan bangga meluncurkan varian baru dari Suzuki Ertiga.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) baru saja meluncurkan varian baru dari Suzuki Ertiga, yakni All New Ertiga Hybrid Cruise. Varian hybrid ini ditujukan sebagai product extension untuk menjaga fase product life cycle dari Ertiga.

Untuk mencegah terjadinya penuruna dan rasa bosan karena modelnya yang belum berubah maka umumnya para brand melakukan product extension. Hal ini juga dilakukan oleh PT SIS dan PT SIM melalui All New Ertiga Hybrid.

Baca Juga :   Adu Keren Mobil Joe Biden dan Donald Trump

“Pasar Low MPV di Indonesia sangat kompetitif. Kami segarkan Ertiga ini karena posisinya masih kompetitif. Produk baru umumnya kami hadirkan untuk memberikan stimulus ke pasar,” ujar Donny Ismi Himawan Saputra, Deputy 4W Sales & Marketing Director PT SIS saat peluncuran di IIMS 2024 pada Sabtu (17/2/2024).

Donny melanjutkan, kehadiran All New Ertiga Hybrid Cruise ini sangat strategis bagi pengembangan produk Suzuki di Indonesia. DI sini, PT SIM sebagai perusahaan manufaktur tidak hanya menaikkan kontribusi dr sisi local content atau TKDN tetapi juga kemampuan development dan penyegaran dari produk tersebut.

Berkolaborasi dengan Suzuki Motor Corporation (Jepang), PT SIM melakukan pengembangan All New Ertiga Hybrid Cruise dengan standar global Suzuki.

“Kami bekerja secara intensif dengan Jepang hingga transfer of knowledge pun terjadi ke para teknisi Indonesia. Sebelumnya kami melakukan riset mendalam dan melakukan pengembangan desain sebagai masukan ke SMC,” ujar Mahardian Brata, Dept. Head of Design-Engineering Administration & Homologation PT SIM.

Baca Juga :   Mobil Tertabrak KRL hingga Ringsek, Penjaga Perlintasan Selamat

Berbagai pengujian pun dilakukan di dunia negara, baik Jepang maupun di Indonesia. Pengujian di Indonesia khususnya untuk menyesuaikan kondisi alam Tanah Air, selain musim kemarau juga musim hujan yang ekstrem hingga kendaraan ini mampu menerjang banjir.

“Hasil riset kami tahun 2022 menemukan, ekspektasi konsumen terhadap Ertiga mengarah ke sisi kenyamanan diikuti efisiensi konsumsi bahan bakar dan luxury. Tahun 2023 pun kami membuat prototipe dan uji coba hingga ada opsi baru yang terlahir untuk pasar Indonesia, yakni All New Ertiga Hybrid Cruise,” lanjut Mahardian

Baca Juga :   Kecelakaan Menimpa Mobil Pengangkut BBM di Jalan Trans Sulawesi

All New Ertiga Hybrid Cruise pun mendapat beberapa ubahan. Salah satu pembaruan hadir pada mesin K15B dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) berbaterai Lithium-ion 10Ah.

Baterai yang lebih besar ketimbang varian Suzuki Sport terdahulu, kinerja mobil ini diklaim akan memberikan kinerja yang lebih optimal sebagai mobil yang lebih rendah emisi dan efisien bahan bakar.

“All New Ertiga Hybrid Cruise menjadi salah satu langkah bagi kami untuk masuk ke era elektrifikasi. Tak hanya melalui produk, kami juga melakukan pelatihan eco driving ke para konsumen sebagai pengguna kendaraan,” lanjut Donny. Cara ini diharapkan bisa berkontribusi terhadap penurunan konsumsi bahan bakar dan efek karbon dari hasil pembakaran.(DEN)

MIXADVERT JASAPRO