Buntut Cium Jennifer Hermoso, Natalie Portman Kecam Presiden Sepak Bola Spanyol Rubiales

Natalie Portman Foto: The Telegraph

JagatBisnis.com –  Kasus pelecehan yang melibatkan Presiden Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol, Luis Rubiales, dan pemain sepak bola wanita Jennifer Hermoso semakin memanas. Aktris Hollywood Natalie Portman adalah salah satu tokoh terbaru yang menunjukkan dukungan terhadap Hermoso. Sementara itu, ibu dari Rubiales memulai aksi mogok makan sebagai bentuk protes.

Skandal ini bermula saat Spanyol meraih kemenangan atas Inggris dalam Piala Dunia Wanita FIFA. Dalam upacara yang diadakan, Rubiales mencium Hermoso di bibir. Hermoso kemudian menyatakan ketidaknyamanannya terhadap tindakan tersebut, sementara Rubiales berargumen bahwa itu adalah tindakan yang disepakati dan menolak untuk mengundurkan diri dari jabatannya.

FIFA telah memberikan sanksi awal berupa suspensi 90 hari kepada Rubiales, dan pemerintah Spanyol telah membuka proses hukum terhadapnya atas tuduhan pelecehan seksual. Staf pelatih tim nasional wanita Spanyol di bawah Jorge Vilda juga telah mengundurkan diri, dan rekan-rekan satu tim Hermoso menolak untuk mewakili tim nasional selama Rubiales masih berkuasa.

Baca Juga :   FIFA Rombak Total Format Turnamen pada Piala Dunia 2026

Natalie Portman, yang dikenal karena perannya dalam seri Star Wars dan Marvel Cinematic Universe, menunjukkan dukungannya melalui Instagram dengan menulis: “I stand with @JenniHermoso #SeAcabo.” Tagar ‘Se acabo’ berarti ‘Sudah Selesai’ dalam bahasa Inggris dan digunakan serupa dengan gerakan #MeToo.

Baca Juga :   KAI Tingkatkan Keamanan dan Ambil Jalur Hukum Terhadap Kasus Pelecehan

Sebagai respons terhadap perlakuan terhadap putranya, ibu dari Rubiales, Angeles Bajar, memulai aksi mogok makan. Dia mengunci diri di dalam gereja dan menolak untuk makan, mengklaim bahwa putranya diperlakukan secara ‘tidak manusiawi’ oleh masyarakat.

Skandal ini telah memicu perdebatan yang meluas dan memiliki implikasi yang jauh melampaui dunia olahraga. Ini menimbulkan pertanyaan tentang persetujuan, dinamika kekuasaan, dan peran tokoh publik dalam menetapkan standar perilaku.

Baca Juga :   FIFA Jatuhkan Sanksi terhadap Rusia

Seiring berlanjutnya proses hukum terhadap Rubiales, skandal ini menjadi peringatan keras tentang perjuangan yang masih berlangsung untuk mencapai kesetaraan gender dan perlakuan yang hormat di semua sektor masyarakat, termasuk olahraga. Dengan bergabungnya Natalie Portman dalam daftar panjang tokoh yang mendukung Hermoso, tampaknya tekanan publik terhadap Rubiales akan terus meningkat. (tia)

MIXADVERT JASAPRO