FIFA Rombak Total Format Turnamen pada Piala Dunia 2026

JagatBisnis.comFIFA merencanakan perubahan besar-besaran pada Piala Dunia 2026, mulai dari jumlah tim peserta hingga skema pertandingan. Piala Dunia 2026 akan digelar di tiga negara sekaligus, yakni Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Meski masih terpaut 3,5 tahun mendatang, persiapan gempita bola dunia itu sudah berjalan saat ini.

FIFA merencanakan penambahan jumlah peserta Piala Dunia 2026 dengan harapan semakin banyak negara yang ikut andil dalam pesta sepak bola dunia, termasuk tim yang tidak pernah tampil di Piala Dunia. Piala Dunia saat ini berisi 32 tim dari seluruh konfederasi di seluruh dunia. Rencananya, ada 48 tim peserta di Piala Dunia 2026.

Peserta akan dibagi ke dalam 12 grup berisi empat tim. Sebelumnya FIFA sempat memikirkan pembagian peserta ke dalam 16 grup yang berisi masing-masing tiga tim. Alhasil jumlah pertandingan babak penyisihan bakal mencapai 104 laga dari yang sebelumnya 64 pertemuan. Juara grup dan runner-up akan melaju ke babak 32 besar.

Baca Juga :   Stadion Pakansari Siap Ditunjuk Jadi Tuan Rumah FIFA Matchday Indonesia Vs Curacao

“Badan sepak bola dunia merencanakan mengubah rencana 16 grup berisi tiga tim, menjadi fase grup yang lebih panjang menjadi 12 grup dengan empat tim. Kemudian tim yang lolos akan maju ke fase knockout babak 32 besar,” tulis The Guardian dikutip Senin (5/12/2022).

Baca Juga :   Lapor ke FIFA, KLB Akan Digelar pada 18 Maret 2023

Selain itu, FIFA juga sedang mempertimbangkan perubahan skema pertandingan di babak penyisihan. Adu penalti direncanakan bakal menjadi penentu pemenang jika laga berakhir imbang di waktu normal. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO