Berita  

Jokowi Ajukan Wacana Perdagangan Bebas Hambatan ASEAN dengan Mitra

Presiden Jokowi

JagatBisnis.comPresiden Joko Widodo dari Indonesia menunjukkan komitmen untuk memperkuat integrasi ekonomi dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara. Pidatonya pada Pembukaan Sidang Umum ke-44 ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) menekankan pentingnya kerja sama ekonomi yang setara dan saling menguntungkan dengan mitra ASEAN serta mempertahankan solidaritas dalam kawasan.

Baca Juga :   Rusia Bersiap Teken Traktat Zona Bebas Nuklir ASEAN: Inilah Syarat-syaratnya untuk Menciptakan Keamanan di Kawasan

Pentingnya integrasi ekonomi ASEAN dipahami sebagai faktor penting dalam pertumbuhan ekonomi global, dan fokus pada hubungan eksternal yang luas dengan Mitra Wicara, termasuk Australia, Kanada, China, Uni Eropa, India, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru, Rusia, Amerika Serikat, dan Inggris, menjadi bagian dari strategi ini.

Pada saat yang sama, adanya tantangan dan sengketa, seperti yang terjadi dalam hubungan dengan Uni Eropa terkait perdagangan produk seperti nikel dan sawit, menunjukkan bahwa meskipun ada upaya untuk membangun kerja sama, perbedaan pendekatan dan kepentingan tetap ada.

Baca Juga :   Perkuat Sinergi ASEAN, Agar Perempuan Berdaya Ekonomi Optimal

ASEAN memiliki peran kunci dalam membentuk dan memelihara stabilitas serta pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Integrasi ekonomi yang diperkuat dan kerja sama yang solid dengan mitra-mitra wicara adalah langkah penting dalam mencapai tujuan tersebut.

Baca Juga :   Jokowi Deretan Paling Teratas Capres Opsi Relawan, Disusul Sandiaga

(tia)

MIXADVERT JASAPRO