Berita  

Bill Gates Mengunjungi Negara Tirai Bambu dan Bertemu dengan Xi Jinping

Bill Gates Dan Xi Jinping Foto Bloomberg.com

JagatBisnis.comPertemuan antara Bill Gates, salah satu pendiri Microsoft Corp, dan Presiden China Xi Jinping akan berlangsung pada Jumat, 16 Juni 2023, selama kunjungan Gates ke China. Pertemuan ini akan menjadi pertemuan pertama antara Xi Jinping dan seorang pengusaha swasta asing dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun tidak ada rincian spesifik yang diberikan, pertemuan tersebut mungkin merupakan pertemuan empat mata antara keduanya.

Bill Gates sendiri telah mencuitkan pada Rabu, 14 Juni 2023, bahwa ia telah tiba di Beijing untuk pertama kalinya sejak 2019 dan akan bertemu dengan mitra yang telah bekerja sama dengan Bill & Melinda Gates Foundation dalam menghadapi tantangan kesehatan dan pembangunan global.

Yayasan Bill & Melinda Gates dan Kantor Informasi Dewan Negara China, yang bertanggung jawab atas pertanyaan media atas nama pemerintah China, belum memberikan komentar terkait pertemuan tersebut.

Baca Juga :   Xi Jinping Sudah Berada Di Moskow, Apa Agenda Utamanya?

Sebagai informasi tambahan, Gates telah mengundurkan diri dari dewan Microsoft pada 2020 untuk fokus pada pekerjaan filantropi terkait kesehatan global, pendidikan, dan perubahan iklim. Dia juga telah berhenti dari peran eksekutif penuh waktu di Microsoft sejak 2008.

Baca Juga :   Ulang Tahun Xi Jinping: Putin Mengejutkan Dengan Pesan Mesra

Pertemuan terakhir yang dilaporkan antara Xi Jinping dan Gates terjadi pada 2015, saat mereka bertemu di forum Boao di provinsi Hainan. Pada awal 2020, Xi Jinping menulis surat kepada Gates untuk mengucapkan terima kasih atas janji bantuan China dalam perjuangan melawan Covid-19, termasuk sumbangan $5 juta dari Yayasan Bill & Melinda Gates.

Baca Juga :   Kronologi Jack Ma Sembunyi di Jepang untuk Menghindari Xi Jinping

Kehadiran Gates di China juga berdekatan dengan kunjungan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken yang telah lama tertunda. Blinken dijadwalkan untuk mengunjungi China antara tanggal 18-19 Juni dalam upaya untuk menstabilkan hubungan antara dua ekonomi terbesar dunia dan saingan strategis. Sebelum kunjungan Blinken, Gates dan Xi Jinping diharapkan akan membahas berbagai isu, tetapi rincian persisnya belum diketahui.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO