Berita  

Ulang Tahun Xi Jinping: Putin Mengejutkan Dengan Pesan Mesra

Xi Jinping Dan Vladimir Putin Foto El Universal

JagatBisnis.comHubungan yang erat antara Rusia dan China yang ditekankan dalam pesan Presiden Rusia Vladimir Putin kepada Presiden China Xi Jinping dalam perayaan ulang tahun ke-70 Xi Jinping. Putin memuji upaya Xi Jinping dalam memperkuat kemitraan komprehensif dan kerja sama strategis antara kedua negara.

Putin menyoroti kunjungan Xi ke Rusia pada bulan Maret sebagai dorongan yang kuat bagi kerja sama yang saling menguntungkan di berbagai bidang. Dia mengharapkan dialog konstruktif dan kerja sama erat dalam isu-isu bilateral, regional, dan internasional demi kepentingan rakyat Rusia dan China.

Xi Jinping, dalam tanggapannya, menyebut Putin sebagai teman terdekat dan dapat dipercaya di antara rekan-rekan asingnya. Dia juga mengungkapkan penghargaan terhadap ikatan persahabatan mereka.

Baca Juga :   Joe BIden was - was Dengan Vladimir Putin Mengkerahkan Nuklir Di Belarusia

Rusia dan China telah mendeklarasikan kemitraan “tanpa batas” sebelum Rusia mengirim pasukan ke Ukraina pada Februari 2022. Kedua negara telah berupaya memperkuat hubungan ekonomi, politik, dan militer. China telah menolak mengkritik tindakan militer Rusia di Ukraina dan menyalahkan Amerika Serikat dan NATO atas provokasi terhadap Rusia.

Baca Juga :   Presiden Rusia Putin Dipastikan Tidak Hadiri KTT G20

China juga berusaha untuk memposisikan dirinya sebagai pihak netral dalam konflik antara Rusia dan Ukraina. Namun, tuduhan dari Washington bahwa China sedang mempertimbangkan ekspor senjata ke Rusia telah dibantah oleh pemerintah China.

Baca Juga :   Xi Jinping Kejar Modernisasi Pada Sistem Keamanan Nasional

Xi Jinping telah mengajukan 12 poin rencana perdamaian yang mendapat respon skeptis dari Barat dan direspons dengan hati-hati oleh Ukraina.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO