Presiden Rusia Putin Dipastikan Tidak Hadiri KTT G20

Presiden Rusia Vladimir Putin

JagatBisnis.com – Kepala negara Rusia Vladimir Putin ditentukan tidak mendatangi Rapat Tingkatan Besar negara- negara golongan 20( KTT G20) di Bali pada 15- 16 November.

Semacam diambil dari Reuters, kejelasan Putin akan bolos di informasikan salah satu administratur penguasa RI.

Rusia akan diwakilkan oleh Menteri Luar Negara Sergei Lavrov di KTT G20 di Bali.

Ahli ucapan Menteri Ketua Bahari serta Pemodalan, Jodi Mahardi, berkata Putin mungkin muncul dengan cara virtual di KTT G20.

Sedangkan itu, Lavrov lebih dahulu mendatangi pertemuan dampingi Menlu G20 di Bali dengan cara langsung.

AFP memberi tahu kalau Kedutaan Besar Rusia di Jakarta pula membenarkan kalau Lavrov hendak mengambil alih Putin muncul di KTT G20.

Baca Juga :   Jokowi Meminta Agar Anggota G20 Sumbang Dana Pandemi

” Aku bisa membenarkan( Menlu) Sergei Lavrov hendak mengetuai deputi Rusia di G20. Program buat Kepala negara Putin sedang aktif, beliau mungkin muncul dengan cara virtual,” tutur Kepala Aturan Kedubes Rusia, Yulia Tomskaya.

Lebih dahulu, Kepala negara Joko Widodo( Jokowi) mengantarkan tanda kalau Putin mungkin tidak muncul dalam KTT G20 di Bali.

Jokowi berkata obrolan teleponnya dengan Putin pada minggu kemudian mencadangkan” opini kokoh” kalau atasan Rusia itu tidak hendak mendatangi pertemuan di Bali.

Baca Juga :   Menlu RI Isyaratkan Putin dan Xi Jinping akan Hadiri KTT G20 Bali

Dalam tanya jawab dengan Financial Times yang dikutip Reuters pada Selasa( 8 atau 11), Jokowi berkata Rusia senantiasa disambut dalam KTT itu yang sepanjang ini didominasi ketegangan atas agresi Rusia ke Ukraina.

Di peluang itu, Jokowi pula meluapkan kekhawatirannya selaku tuan rumah G20 tahun ini bila KTT forum itu hendak berjalan di dasar bayangan ketegangan global” yang amat membahayakan”.

” G20 bukan buat forum politik. Ini buat forum ekonomi serta pembangunan,” cakap Jokowi.

Tidak hanya Putin, Indonesia pula mengundang Kepala negara Ukraina Volodymyr Zelensky buat muncul dalam KTT G20 esok walaupun Kyiv bukan lah badan forum itu.

Baca Juga :  

Tetapi, pada reporter di Jakarta, Jokowi berkata Zelensky sedang memikirkan suasana serta situasi di negaranya serta belum berikan kejelasan.

” Sebagian hari yang kemudian aku pula telah bertelepon, berdialog melalui telepon dengan Kepala negara Putin serta Kepala negara Zelensky, dia mengantarkan hendak muncul jika keadaannya membolehkan,” tutur Jokowi dalam penjelasan tercatat, Selasa( 8 atau 11).

Departemen Luar Negara Teuku Faizasyah buat mengonfirmasi pertanyaan kejelasan Putin akan bolos di KTT G20 Bali. Tetapi, sepanjang ini belum terdapat balasan dari Faizasyah. (tia)

MIXADVERT JASAPRO