Berita  

Menteri-Menteri Uni Eropa Pertimbangkan Langkah Tegas Terhadap Konflik Palestina-Israel

Uni Eropa

JagatBisnis.comPara menteri Uni Eropa tengah merumuskan langkah selanjutnya dalam menanggapi konflik di wilayah Palestina dalam pertemuan di Brussels, Belgia, pada Senin, 11 Desember 2023. Beberapa opsi yang sedang dipertimbangkan melibatkan tindakan keras terhadap keuangan kelompok militan Hamas dan larangan perjalanan bagi pemukim Israel terlibat dalam kekerasan di Tepi Barat, Palestina.

Baca Juga :   Presiden Palestina Bersama Raja Abdullah dan Putin Bahas Persoalan Israel

Perang antara Israel dan Hamas di Gaza yang menyebabkan ribuan kematian telah memunculkan perpecahan di antara negara-negara Uni Eropa. Meskipun Hamas sudah terdaftar sebagai organisasi teroris di UE, para menteri sedang merundingkan langkah-langkah lebih lanjut, termasuk pembekuan aset dan dana Hamas.

Makalah diskusi yang dilihat oleh Reuters mengungkapkan kemungkinan langkah UE untuk menargetkan keuangan dan disinformasi Hamas. Beberapa negara UE, seperti Prancis dan Jerman, telah berjanji untuk bekerja sama dalam mengusulkan langkah-langkah tersebut.

Baca Juga :   Warga Palestina Pesimistis akan Pemerintahan Baru Israel

Selain itu, kekerasan di Tepi Barat yang diduduki Israel juga menjadi perhatian. Kepala kebijakan luar negeri UE, Josep Borrell, menyatakan kekhawatirannya terhadap peningkatan kekerasan oleh pemukim Israel terhadap warga Palestina. Tanggapan UE dapat mencakup larangan perjalanan dan sanksi atas pelanggaran hak asasi manusia. (tia)

MIXADVERT JASAPRO