Kasus Omicron BN.1 di Indonesia Ditemukan

JagatBisnis.com –  Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menemukan satu kasus Covid-19 subvarian Omicron BN.1 di Indonesia. Varian baru ini hadir di tengah kasus Covid-19 yang sedang didominasi oleh varian Omicron XBB dan BQ.1.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes dr Nadia Tarmizi memastikan pihaknya terus melakukan pengawasan serta surveilance terkait varian baru BN.1. Walau demikian, sudah ada kasusnya

“Kami menemukan sekarang ada subvarian baru BN.1, kami lihat potensinya. Kami masih memonitoring dan surveilance, apakah varian ini akan berpotensi ciptakan kenaikan kasus di kemudian hari atau tidak,” katanya di Gedung Kemenkes, Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Baca Juga :   Ini Penjelasan Menkes Soal Vaksin Corona Kedaluwarsa Bisa Diperpanjang Izinnya

Sejauh ini, kata dr Nadia, subvarian Omicron BN.1 belum menciptakan kenaikan kasus yang signifikan di negara lain. Bahkan, BN.1 sudah terdeteksi di lebih dari 30 negara lain, termasuk Australia, Inggris, India, dan Austria. Diinformasikan beberapa kasus paling awal dari jenis tersebut, tercatat sekitar pertengahan tahun kemarin.

Baca Juga :   Pasien Covid-19, Bisa Konsultasi Gratis via Telepon

“Varian BN.1 menjadi perhatian karena menghasilkan satu dari 100 kasus di AS, dan dinilai mempunyai kelebihan. Untuk itu, kami perhatikan ada subvarian baru BN.1, tapi kami melihat trennya juga di banyak negara belum terjadi peningkatan,” tutup Nadia. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO