Jaga Perbatasan Indonesia, Bea Cukai Gandeng Instansi Lainnya

JagatBisnis.com –  Sebagai instansi yang memiliki tugas dan fungsi pengawasan lalu lintas barang dari atau ke Indonesia dan terus bersinergi dengan institusi pemerintah lainnya, Bea Cukai mengadakan rangkaian kegiatan dalam rangka menjaga perbatasan serta kedaulatan Indonesia. Kegiatan yang dilakukan antara lain, sinergi dengan TNI dalam penjagaan perbatasan, sinegi pengelolaan perbatasan dengan BNPP serta sosialisasi perdagangan perbatasan.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai, Sudiro, mengatakan bahwa seluruh kegiatan yang dilakukan Bea Cukai di perbatasan merupakan sinergi yang dibangun guna menjalankan tugas dan fungsi sebagai pengawasan serta implementasi kepabeanan dan cukai di perbatasan.

“Kegiatan yang dilakukan kali ini merupakan kegiatan rutin dalam rangka updating aturan di perbatasan serta sinergi antar instansi yang menjaga perbatasan Indonesia,” ungkap Sudiro.

Bea Cukai Pasuruan yang berkolaborasi dengan Komando Latih Korps TNI melaksanakan pembekalan dan penyiapan latihan pratugas Pengamanan (Latpratugas Pam) Ambalat XXVII Tahun Anggaran 2021. Kegiatan ini sekaligus menjadi wadah meningkatkan sinergi dan kerja sama antar instansi khususnya Bea Cukai dan TNI dalam rangka menjaga perbatasan dan kedaulatan Indonesia

Selain itu, Kanwil Bea Cukai Kalimantan Bagian Timur bersama Bea Cukai Nunukan juga mengadakan sosialisasi perdagangan perbatasan Kalimantan Utara-Sabah dengan peserta berbagai pengusaha di Sabah serta beberapa perwakilan asosiasi pengusaha lintas batas. Sosialisasi difokuskan pada peraturan perdagangan perbatasan khususnya Indonesia-Malaysia dimana peserta masih perlu memahami dan mengetahui regulasi yang berlaku

Kemudian di ujung Indonesia, Bea Cukai Merauke bersama Deputi Pengelolaan Batas Wilayah Negara-Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) melaksanakan rapat terkait pengelolaan perbatasan yang bertujuan untuk memaksimalkan kinerja instansi di perbatasan.

“Dari semua kegiatan tersebut diharapkan seluruh instansi yang terlibat memiliki visi dan misi yang sama yakni menjaga Indonesia dari ancaman-ancaman yang terjadi di perbatasan. Sinergi akan terus Bea Cukai bangun untuk Indonesia yang lebih baik,” tutup Sudiro.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button