AirAsia Terancam Naikkan Harga Tiket Pesawat

AirAsia foto : https://kumparan.com/

JagatBisnis.com Kenaikan harga avtur dan nilai tukar rupiah yang melemah terhadap dolar AS membuat maskapai penerbangan AirAsia terancam menaikkan harga tiket pesawat.

Direktur Utama PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP), Veranita Yosephine Sinaga, mengatakan bahwa kenaikan harga avtur mencapai 70% di tahun ini. Hal ini membuat biaya operasional AirAsia meningkat signifikan.

“Harga avtur itu sangat mempengaruhi cost kami, karena 50% dari cost kami adalah avtur,” kata Vera dalam paparan publik AirAsia virtual, Kamis (16/11).

Baca Juga :   Kemenhub Cabut Aturan Pesawat Hanya Diisi 70 Persen Penumpang

Vera berharap harga tiket pesawat AirAsia tidak naik karena penumpang bisa mengakses tarif lebih terjangkau. Namun di sisi lain, maskapai harus memprioritaskan kelanjutan bisnis perusahaan.

“Doakan untuk tidak (harga naik), tapi nanti kita lihat karena ada dua misi. Misinya untuk memberikan produk terbaik yang affordable, tapi juga misi yang lain adalah tetap hidup, tetap sustainable,” ujarnya.

Baca Juga :   Mahasiswa Teknik Mesin ITB Meninggal Dunia dalam Insiden Uji Coba Pesawat Tanpa Awak

AirAsia berupaya untuk memaksimalkan efisiensi sekaligus menambah pendapatan dari non-flight sehingga memberikan pelayanan yang terbaik dengan harga yang kompetitif.

“Kita menambahkan rute dan network di Asia Pasifik dan sekitarnya, juga harapannya ke China, Hong Kong, Australia, India, dan negara-negara lain. Fokus ke fleet deployment di Jakarta dan Bali,” imbuh Vera.

Baca Juga :   Pandemi Melandai, Pergerakan Pesawat di Indonesia Diprediksi Meningkat pada 2022

Rencana strategi AirAsia ke depannya yaitu meningkatkan utilisasi pesawat untuk mengoptimalkan efisiensi. Konsep AirAsia adalah penerbangan dengan biaya rendah (low cost), sehingga maskapai memperoleh pendapatan melalui efisiensi biaya produksi.

Kenaikan harga tiket pesawat akan menjadi pukulan bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang berpenghasilan rendah. Hal ini karena harga tiket pesawat merupakan salah satu komponen biaya transportasi yang penting. (tia)

MIXADVERT JASAPRO