Berita  

Seorang Jurnalis Dituduh Sebagai Mata – Mata Oleh Rusia

Evan Gershkovich Foto Zazoom

JagatBisnis.comInterogator dari Dinas Keamanan Federal Rusia( FSB) dengan cara sah menggugat wartawan Wall Street Journal Evan Gershkovich atas dakwaan agen rahasia( spionase). Si reporter menyangkal dakwaan itu dengan menerangkan ia cuma melaksanakan kewajiban selaku reporter.

Lebih dahulu TASS pada Jumat, 7 Maret 2023, mewartakan interogator di FSB sudah dengan cara sah mendakwa Gershkovich atas dakwaan agen rahasia buat kebutuhan Amerika Sindikat. Gershkovich, 31 tahun, sudah menyangkal dakwaan itu.

” Ia dengan jelas menyangkal seluruh dakwaan serta cuma melaporkan kalau ia cuma melaksanakan aktivitas jurnalistik di Rusia,” begitu pemberitaan TASS semacam diambil dari pangkal yang tidak ingin dituturkan namanya. Pangkal di TASS menyangkal berpendapat lebih lanjut sebab data ini bertabiat rahasia.

Baca Juga :   Paus Fransiskus Kritik Rusia

Gershkovich merupakan wartawan asal Amerika Sindikat awal yang ditahan di Rusia atas dakwaan spionase semenjak akhir Perang Dingin. Pesan berita Wall Street Journal telah ketahui informasi Mengenai Gershkovich sudah didakwa.

” Semacam yang sudah kita tuturkan semenjak dini, dakwaan ini salah serta tidak bisa dibenarkan. Kita lalu menuntut pembebasan lekas Evan,” begitu penjelasan Wall Street Journal.

FSB menahan Gershkovich pada 30 Maret 2023, di kota Ural Yekaterinburg serta sudah membuka permasalahan spionase terhadapnya. Gershkovich dikira sudah mengakulasi apa yang diucap selaku rahasia negeri mengenai lingkungan pabrik tentara.

Baca Juga :   Invasi Rusia, Lebih 115.000 Anak-anak dan Perempuan Tinggalkan Ukraina

Kremlin berkata Gershkovich sudah melaksanakan aksi agen rahasia di balik tameng jurnalistik. Menteri Luar Negara Rusia Sergei Lavrov berkata Gershkovich terjebak berair dikala berupaya memperoleh rahasia.

Amerika Sindikat sudah menekan Rusia supaya melepaskan Gershkovich serta menyangka klaim spionase Rusia selaku perihal yang konyol. Kepala negara Amerika Sindikat Joe Biden sudah melantamkan pembebasan Gershkovich. Sebaliknya Kepala negara Rusia Vladimir Putin belum berpendapat mengenai permasalahan itu.

Gershkovich ialah reporter yang lancar berbicara Rusia. Ia lahir dari keluarga imigran Uni Soviet serta dibesarkan di New Jersey, Amerika Sindikat. Ia alih ke Bunda Kota Moskow pada akhir 2017 buat berasosiasi dengan Moscow Times yang berbicara Inggris, serta setelah itu bertugas buat kantor informasi nasional Prancis Agence France- Presse.

Baca Juga :   Memanas, Ukraina Minta Rusia Dikeluarkan dari G20

Rusia memublikasikan dimulainya” pembedahan tentara spesial” pada Februari 2022, pas kala Gershkovich terletak di London, hendak balik ke Rusia buat berasosiasi dengan dinas Harian Moskow. Ia diputuskan bermukim di London namun kerap berjalan ke Rusia buat memberi tahu ekspedisi, selaku jurnalis terakreditasi dengan Departemen Luar Negara.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO