Imbas Liga 1 Terhenti, Pelatih Madura United: Ada Pemotongan Gaji

JagatBisnis.com –  Liga 1 2022/23 akan kembali bergulir mulai Senin (5/12). Sempat terhentinya kompetisi akibat tragedi di Kanjuruhan rupanya berpengaruh ke finansial Madura United. Pelatih ‘Laskar Sape Kerrab’, Fabio Lefundes, mengakui bahwa ada pemotongan gaji.

Liga 1 berlanjut lagi dengan menggunakan sistem bubble, Madura United akan bersua PSIS Semarang di Stadion Manahan, Solo, pada pukul 15:30 WIB. Pada sesi konferensi pers jelang laga, Lefundes mengatakan bahwa manajemen klub memang terpaksa melakukan pemotongan gaji.

“Jadi, karena tragedi ini, pengurus kami ambil keputusan kasih libur buat kami. Di Instagram, di mana-mana, akun klub, [orang-orang meminta] untuk bicara tentang itu, pemain juga tahu,” tuturnya, Minggu (4/12).

Baca Juga :   5 Desember, Liga 1 Kembali Bergulir

“Jadi, semua dapat kita potong gaji karena tragedi ini. Kami datang dari libur, lalu harus langsung main. Kami harus main bubble di sini, tidak punya suporter dari Madura, itu yang berbeda,” lanjut Lefundes.

Pada kesempatan yang sama, salah satu pemain Madura United, Guntur Ariyadi, berharap tidak ada masalah lagi ke depannya. Ia menyatakan bahwa kelangsungan Liga 1 amat krusial untuk kehidupan keluarganya.

“Bergulirnya kompetisi kembali harapannya semoga berjalan dengan baik lagi, enggak ada hambatan lagi seperti yang terjadi kemarin,” tutur bek 35 tahun tersebut.

Baca Juga :   Laga Sengit, Bhayangkara FC Vs Persija Jakarta

“Buat pemain juga, bagian dari penghidupan kami juga, kalau enggak ada kejelasan kompetisi, kami sebagai [tulang punggung] keluarga juga bingung. Makanya, saya berharap kompetisi ini berjalan lagi dengan baik dan lancar,” lanjutnya.

Tragedi di Kanjuruhan terjadi pada 1 Oktober 2022 usai Arema FC kalah 2-3 dari Persebaya. Ratusan orang meninggal dunia, lalu Liga 1 dihentikan sementara. Kini, PT LIB mengebut putaran pertama Liga 1 atau pekan ke-17 bisa rampung maksimal 24 Desember agar tak terlalu berbenturan dengan Piala AFF.

“Untuk profesionalitas kami, kami siap bertanding. Di mana pun, kapan pun, kami harus siap. Semoga pertandingan aman dan lancar. Amin,” terang Guntur.

Baca Juga :   Laga Sengit, Bhayangkara FC Vs Persija Jakarta

Kelanjutan Liga 1 2022/23 akan digelar secara terpusat di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Akan ada 5 stadion yang digunakan, yakni Stadion Sultan Agung (Bantul), Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion M. Soebroto (Magelang), Stadion Manahan (Solo) dan Stadion Jatidiri (Semarang).

Dalam jadwal resmi yang diterima kumparan, Liga 1 akan dilangsungkan dari pekan 12 sampai pekan 17, mulai tanggal 5 Desember hingga 24 Desember 2022. Itu artinya, masih akan ada beberapa laga yang dilangsungkan ketika Piala AFF digelar selama 20 Desember 2022-16 Januari 2023.(tia)

MIXADVERT JASAPRO