Kenali Gejala Corona B117 Hampir Sama dengan Covid-19

JagatBisnis.Com – Varian baru virus corona yang dinilai lebih berbahaya terdeteksi sudah masuk Indonesia. Virus corona varian baru yang dinamakan B117 ini berasal dari Inggris. Varian baru B117 ini bisa meningkatkan risiko kematian akibat Covid-19. Artinya, virus ini jauh lebih berbahaya dan memiliki daya infeksi lebih kuat dari virus corona.

“Ada beberapa strain varian baru dari Covid-19, B117 dari Inggris. Kemudian ada dari Afrika Selatan, dan dari Brasil,” ungkap dokter dan ahli pulmonologi Eric Daniel Tenda dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) DR Cipto Mangunkusumo, Senin (8/3/2021).

Menurutnya, mutasi ini mengakibatkan delesi di beberapa bagian proteinnya sehingga dianggap risk transmision-nya lebih berbahaya, lebih rapid. Maka, mutasi inilah yang menyebabkan gejala covid-19 strain B117 ini mengakibatkan gejala yang ringan, sedang, sampai berat.

“Gejalanya sama dengan Covid-19  tidak ada perbedaan yang spesifik dengan Covid-19 yang sudah ada sebelumnya. Di antaranya, sakit kepala, demam, batuk, dan kehilangan indera penciuman atau anosmia. Perbedaannya hanyalah virusnya lebih cepat menyebar. Varian baru ini dapat mengakibatkan gejala yang ringan sampai berat,” paparnya.

Dia menambahkan, untuk mengetahui seseorang terinfeksi strain virus Covid-19 yang sudah mutasi ini harus uji di laboratorium seperti di Eijkman. Namun, untuk menekan risiko penularan strain baru tersebut, perlu dilakukan genomic surveilans untuk mendeteksi varian Covid-19 baru tersebut.

“Kami butuh lebih banyak data untuk mempelajari tentang varian baru ini. Ini akan sangat membantu pemerintah untuk mengonfirmasi strain baru dan juga efektivitas public health-nya. Selain itu, masyarakat juga  tetap menaati protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak, cuci tangan dengan benar di air mengalir,” tutupnya.(esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button