Jaga Perairan Indonesia, Bea Cukai Gencar Lakukan Patroli Laut

JagatBisnis.com – Sebagai community protector, Bea Cukai memiliki peran yang cukup strategis dalam menjaga wilayah perbatasan NKRI. Melalui sinergi dengan instansi maritim lain, Bea Cukai terus berupaya memaksimalkan fungsi pengawasan khusunya di wilayah perairan. Salah satu bentuk sinergi dalam pengawasan perairan yang secara kontinyu dilaksanakan oleh Bea Cukai adalah patroli laut.

Pada kesempatan ini, Kanwil Bea Cukai Sumbagtim, Bea Cukai Palembang, Bea Cukai Bengkalis, Bea Cukai Tembilahan dan Bea Cukai Pangkalpinang  laksanakan operasi patroli laut yang diawali dengan apel bersama di masing-masing daerah.

“Operasi patroli laut bertujuan untuk meningkatkan sinergi antara Bea Cukai dengan instansi maritim lain. Melalui patroli laut, kami memaksimalkan fungsi pengawasan dan mengamankan wilayah perairan Indonesia dari penyelundupan, kejahatan transnasional dan tindak pidana lain yang dapat merugikan masyarakat dan negara,” ungkap Sudiro selaku Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai.

Bertempat di lapangan pelabuhan Boom Baru, Kanwil Bea Cukai Sumbagtim, Bea Cukai Pelambang, Ditpolairud Polda Sumsel dan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Palembang laksanakan apel sinergi operasi patroli laut Sumatera Bagian Timur dan dilanjutkan dengan patroli laut bersama menggunakan kapal BC 15014 milik Bea Cukai dan kapal V-3001 milik Ditpolairud menyusuri perairan Sungai Musi.

Sementara itu, Bea Cukai Bengkalis, Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Bengkalis, dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Bengkalis menggelar apel sinergi operasi patroli laut di dermaga Polair Bengkalis dan dihadiri juga oleh Kasat Polair Polres Bengkalis. Operasi patroli laut akan dilaksanakan selama satu minggu di wilayah perairan Bengkalis.

Di Tembilahan, Bea Cukai juga melaksanakan operasi patroli gabungan bersama Satuan Polairud dan KPLP Tembilahan dengan wilayah operasi perairan Tembilahan.

Selanjutnya, Bea Cukai Pangkalpinang bersama Ditpolairud Polda Kep. Bangka Belitung, KPLP yang diwakili oleh Crew KN. Alugara 114, KSOP Muntok, dan KSOP Pangkal Balam juga melaksanakan operasi patroli laut di wilayah perairan Pangkalpinang.

Bea Cukai juga terus meningkatkan fasilitas penunjang dalam pelaksanaan fungsi pengawasan. Kali ini, Bea Cukai Palangkaraya mengadakan kegiatan peresmian garasi Kapuas di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Garasi Kapuas merupakan garasi tempat kapal patroli sungai yang dimiliki oleh Bea Cukai Palangkaraya. Kapal tersebut digunakan dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan.

“Diharapkan kedepannya akan terjalin sinergi dan kerjasama tiap-tiap instansi yang semakin kuat dan berkesinambungan dalam rangka penegakan hukum untuk melindungi masyarakat serta keutuhan wilayah NKRI khususnya di laut ibu pertiwi yang menjadi entry points dengan potensi pelanggaran di bidang kepabeanan dan cukai,” pungkas Sudiro.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button