Dorong Pemulihan Ekonomi, Bea Cukai Gencar Asistensi Pelaku Usaha Dalam Negeri

JagatBisnis.com –  Dalam rangka menjalankan salah satu fungsi Bea Cukai dalam memberikan asistensi kepada industri dalam negeri Bea Cukai di beberapa wilayah kembali melaksanakan kegiatan Customs Visit Customer (CVC). Kunjungan ke perusahaan kali ini dilakukan oleh Bea Cukai Cikarang, Bea Cukai Ambon, Bea Cukai Tarakan, dan Bea Cukai Bojonegoro.

Kegiatan CVC oleh Bea Cukai Cikarang dilakukan secara virtual, mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang tengah melonjak salah satunya di pulau Jawa. “Kunjungan dilakukan terhadap PT Eun Sung Indonesia 3 yang merupakan penerima fasilitas Kawasan berikat,” ungkap Plt Kepala Kantor Bea Cukai Cikarang Muh Nasrul Fatah. Ia menambahkan bahwa lewat kegiatan CVC kali ini, Bea Cukai dapat mengukur sejauh mana fasilitas kawasan berikat dapat mendukung perusahaan untuk bersaing pada skala global.

PT Eun Sung Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan komponen elektronik. Hasil produksi dari perusahaan ini ialah Flexible Flat Cable. Produk ini nantinya akan disalurkan kepada partnership perusahaan untuk digunakan sebagai bahan dalam perakitan LED TV.

Asistensi juga dilakukan Bea Cukai Ambon kepada PT Kamboti Rempah Maluku dan Yayasan Ekosistim Nusantara Berkelanjutan (EcoNusa Foundation). Kegiatan tersebut dilakukan seiring dengan peningkatan ekspor rempah di provinsi Maluku.

Kepala Kantor Bea Cukai Ambon, Saut Mulia menyampaikan bahwa peran Bea Cukai di kota Ambon adalah sebagai jembatan bagi perusahaan dengan instansi yang mengurus perizinan, dimana terkadang pihak perusahaan masih merasa kesulitan dalam hal perizinan. “Kita bantu stakeholder dalam persoalan perizinan dengan menjembatani mereka ke instansi terkait, seperti contoh jika diperlukan izin pertanian maka kita undang dinas pertanian kota dan provinsi”, papar Saut.

Di Kalimantan Utara, Bea Cukai Tarakan mengadakan kegiatan CVC ke PT Tri Mitra Makmur yang bergerak dibidang ekspor komoditas udang. Dalam diskusi, perusahaan mengungkapkan bahwa sejak pandemi Covid-19 terdapat penurunan kegiatan ekspor akibat turunnya permintaan dari luar negeri.

“Sebagai upaya untuk menolong para pelaku usaha dalam negeri Bea Cukai Tarakan berkomitmen menguatkan industri lewat pemberian fasilitas dan kegiatan CVC untuk memulihkan perekonomian dalam negeri,” ungkap Riki Candra, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai I Bea Cukai Tarakan.

Tidak hanya memberikan asistensi di bidang kepabeanan, Bea Cukai juga berupaya mengoptimalkan asistensi di bidang cukai. Kegiatan asistensi tersebut dilakukan oleh Bea Cukai Bojonegoro ke PT Gelora Djaja. Kegiatan asistensi yang bersifat pengawasan ini dilakukan terhadap kegiatan pengawasan perusakan pita cukai dan pengolahan kembali barang kena cukai hasil tembakau. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button