AFF dan Shopee Jalin Kerja Sama Gelar Kompetisi Kub se-ASEAN

JagatBisnis.comFederasi Sepak Bola Seluruh Asia Tenggara (AFF) menjalin kerja sama dengan e-commerce Shopee untuk menggelar kompetisi klub se-Asia Tenggara (ASEAN). Kompetisi yang diberi nama Shopee Cup ini dimulai pada 17 Juli hingga 21 Mei 2025 mendatang. Nantinya, turnamen ini akan diikuti 12 klub se-Asia Tenggara dengan mempertandingkan 40 pertandingan dalam satu musim.

Chief Commercial Officer Shopee Zhou Jun Jie mengaku, pihaknya sangat senang dapat bermitra dengan AFF sebagai sponsor utama dari acara perdana ini. Apalagi, pada kompetisi ini pihaknya berkesempatan terhubung dengan para penggemar di seluruh wilayah Asia Tenggara dan berinteraksi lebih dekat dengan generasi muda.

“Melalui kerjasama ini, kami berharap dapat memperluas jangkauan Shopee. Sehingga dapat tetap menghibur dan terus memberikan pengalaman menyenangkan bagi seluruh pengguna,” katanya di Jakarta, Sabtu (6/4/2024).

Baca Juga :   Ketum PSSI Minta Evan Dimas Dkk Berjuang Habis-habisan di AFF

Sementara itu, President of AFF Major General Khiev Sameth mengungkapkan, format turnamen ini akan menggunakan sistem format liga dengan melakukan seleksi tim melalui babak play-off kualifikasi dan babak penyisihan grup. Peserta dari gelaran turnamen ini diambil berdasarkan tim yang menjadi juara di setiap kompetisi liga. Untuk tim dari Liga Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam akan memperoleh dua slot (juara dan runner-up) yang otomatis tanpa melalui tahap kualifikasi.

Baca Juga :   Timnas Indonesia Tembus ke Final AFF 2020

“Slot tim lainnya akan diisi oleh juara Liga Filipina dan Singapura. Sedangkan untuk dua slot tersisa akan diperebutkan oleh juara liga dari Kamboja, Myanmar, Brunei Darussalam dan Laos yang akan bersaing melalui babak play-off kualifikasi,” imbuhnya.

Menurut dia, kompetisi ini akan menjadi aspek penting dalam menciptakan masa depan yang menarik bagi klub sepak bola ASEAN dan mentransformasi permainan di wilayah ini. Turnamen ini akan memupuk aspirasi bagi klub-klub ternama untuk menjadi juara ASEAN dan tampil sukses di Asia.

Baca Juga :   GoTo dan TikTok Bakal Bikin E-Commerce Baru, Ganggu Shopee dan Lazada?

“Kami sangat bangga dapat bermitra bersama Shopee, perusahaan ASEAN yang dikenal secara global dan dapat menjadi mitra utama ASEAN Club Championship yang pertama. Bersama-sama, kita membuat sejarah dengan membentuk dan mempercepat perkembangan klub sepak bola ASEAN,” tutupnya. (eva)

MIXADVERT JASAPRO