Ketum PSSI Minta Evan Dimas Dkk Berjuang Habis-habisan di AFF

Ketum PSSI Mochamad Iriawan Melepas Timnas Indonesia

JagatBisnis.com – Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan meminta timnas Indonesia tampil berani di Piala AFF 2020 di Singapura pada Desember 2021.

“Tundukkan lawan, berjuang sampai titik darah penghabisan. Kalau pun kalah, setidak-tidaknya kalian betul-betul sudah menunjukkan upaya maksimal,” ujar Iriawan dalam acara pelepasan timnas Indonesia ke Turki dan Singapura di Jakarta, Kamis (11/11/2021).

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu pun meminta Evan Dimas dan kawan-kawan untuk memperkuat mental. Iriawan tidak ingin skuad berjuluk “Garuda” takluk sebelum bertanding, khususnya saat bersua tim-tim yang secara kualitas atau peringkat FIFA berada di atas Indonesia.

Baca Juga :   PSSI Bersyukur Timnas Indonesia Bisa Imbangi Thailand

“Tatap lawan-lawan kalian. Jangan takut,” kata purnawirawan polisi berpangkat akhir Komisaris Jenderal itu.

Terkait mentalitas bertanding, Evan Dimas mengaku rekan-rekannya kadang “goyah” sebelum berlaga. Khususnya saat melawan tim yang secara kualitas lebih baik.”Kami jadi kurang percaya diri,” tutur Evan.

Timnas Indonesia berangkat ke Turki pada Kamis (11/11) malam untuk menjalani persiapan Piala AFF 2020. Di Turki, skuad “Garuda” akan menjalani dua laga uji coba internasional FIFA yaitu kontra Afghanistan dan Myanmar.

Baca Juga :   Timnas U-19 Timor Leste Bisa Kalahkan Singapura Jika Terapkan Strategi Ini

Ada 22 pemain yang terbang dari Jakarta, sementara tiga nama lain yaitu Egy Maulana (klub FK Senica, Slovakia), Witan Sulaeman (Lechi Gdansk, Polandia) dan Ryuji Utomo (Penang FC, Malaysia) beranjak dari negara tempat mereka berkarier.

Sejatinya, ada satu pemain lain yang rencananya akan dibawa ke Turki yaitu Syahrian Abimanyu. Namun, pemain berusia 22 tahun tersebut cedera “hamstring” saat menjalani latihan bersama klub Johor Darul Takzim (Malaysia), Minggu (7/11).

Baca Juga :   PSSI akan Bertanggung Jawab Terkait Kasus Tragedi Kanjuruhan

Selepas dari Turki, tim besutan pelatih Shin Tae-yong tersebut akan langsung berangkat ke Singapura untuk menjalani Piala AFF 2020.

Di turnamen itu, Indonesia yang bergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Laos, akan menjalani laga perdana pada 9 Desember 2021 kontra Kamboja.

Berikutnya Indonesia menghadapi Laos pada 12 Desember 2021, Vietnam tiga hari kemudian dan Malaysia pada Minggu 19 Desember 2021.

Semua pertandingan timnas Indonesia dilaksanakan di Stadion Bishan, Singapura. Piala AFF 2020 digelar secara terpusat lantaran pandemi COVID-19.(pia)

MIXADVERT JASAPRO