Berita  

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto Mantapkan Hubungan Bilateral

Fumio KIshida Foto DW

JagatBisnis.comPerdana Menteri Jepang Fumio Kishida menerima kunjungan istimewa dari Prabowo Subianto, calon Presiden terpilih Republik Indonesia. Pertemuan yang berlangsung selama sekitar 35 menit itu menjadi momen penting dalam memperkokoh hubungan antara kedua negara.

Kedutaan Besar Jepang di Jakarta memberikan penjelasan bahwa kunjungan kerja Prabowo ke Jepang dalam kapasitasnya sebagai Presiden terpilih menegaskan komitmen kuat terhadap hubungan bilateral yang penting antara Indonesia dan Jepang.

Perdana Menteri Kishida mengakui kedua negara sebagai sahabat lama dan menegaskan keinginan Jepang untuk terus memperdalam kerja sama baik dalam skala bilateral maupun regional dan internasional. Hubungan ini dianggap sebagai “Mitra Strategis Komprehensif” yang didasarkan pada prinsip dan nilai-nilai fundamental yang sama.

Baca Juga :   Jepang Kemungkinan Akan Kaji Mengirimkan Senjata Ditempat Konflik Ukraina

Prabowo pun tak ketinggalan menyatakan pentingnya Jepang sebagai mitra strategis bagi Indonesia. Dia berkomitmen untuk memperkuat hubungan yang telah terjalin baik selama ini, khususnya dalam bidang keamanan, pertanian, perikanan, dan penanggulangan bencana.

Baca Juga :   Cegah Omnicron, Jepang Setop Jual Tiket Pesawat

Dalam pertemuan tersebut, Kishida menyampaikan niatnya untuk memberikan kontribusi pada pembangunan Indonesia, termasuk melalui kerja sama dalam infrastruktur dan energi. Tak hanya itu, Jepang juga berjanji untuk mendukung proses aksesi Indonesia ke OECD serta mendorong kerja sama di bidang keamanan, termasuk pengiriman kapal patroli besar yang telah diputuskan sebelumnya.

Baca Juga :   Survei SMRC: Ganjar Ungguli Prabowo

Tidak hanya membahas hubungan bilateral, Kishida dan Prabowo juga menghadapi isu-isu regional yang penting. Mulai dari situasi di Laut China Timur dan Laut Cina Selatan hingga isu-isu sensitif seperti Korea Utara dan Myanmar, keduanya sepakat untuk terus bekerja sama dalam menangani permasalahan tersebut.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO