Astra UD Trucks Cetak SDM Produktif dan Berkualitas di Dunia Otomotif Indonesia

JagatBisnis.comAstra UD Trucks bersama UD Trucks Indonesia menjalin kerjasama dengan SMK 1 Perguruan Cikini Jakarta. Kerjasama dilakukan untuk mengambil langkah inovatif dalam mempersiapkan generasi muda melalui peluncuran program pendidikan SMK Kelas Quester sejak 2023.

“Program ini hadir tidak hanya sebagai respons terhadap kekurangan tenaga kerja terampil di industri otomotif. Tapi juga, sebagai inisiatif untuk menanamkan pentingnya keselamatan kerja di kalangan pemuda yang akan memasuki dunia industri,” HR-GA Dept Head Astra UD Trucks Astuti Siwi Utami, di Jakarta, Kamis (14/3/2024).

Menurut dia, dengan pendekatan holistik, program ini dapat menggabungkan pelajaran teknis mendalam dengan praktik keselamatan kerja. Sehingga memberikan siswa pemahaman yang komprehensif tentang pentingnya menjaga keamanan di tempat kerja.

Baca Juga :   Astra UD Trucks Hadirkan Quester Euro 5 Berbahan Bakar BioSolar Ramah Lingkungan

“Maka, program ini diharuskan integrasi kurikulum karena kaya akan konten teknis dan keselamatan kerja. Apalagi program ini menyiapkan siswa tidak hanya sebagai mekanik yang terampil tetapi juga sebagai pelaku keselamatan di industri,” terangnya.

Semeentara itu, Head Dept HR-GA UD Astra Motor Indonesia Jelita Wunadi Putri menegaskan, pentingnya program ini karena pihaknya memandang pendidikan sebagai investasi dalam masa depan industri.

Baca Juga :   Go Green untuk Indonesia, UD Trucks Mengukuhkan ‘Ultimate Dependability’

“Dengan mendidik siswa tentang teknologi kendaraan terbaru dan praktik keselamatan terbaik, kami telah membentuk generasi mendatang yang tidak hanya terampil tetapi juga peduli terhadap keselamatan kerja,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Service Marketing Dept Head Astra UD Trucks Budi Rudianto menambahkan bahwa komitmennya terhadap keselamatan merupakan bagian integral dari DNA perusahaan.

“Melalui program ini, kami berharap untuk menginspirasi siswa dan menanamkan nilai-nilai yang kami pegang teguh, membantu membangun ekosistem industri yang lebih aman dan lebih produktif,” tegasnya.

Baca Juga :   UD Trucks Tutup Tahun 2022 dengan Serah Terima 32 Unit Quester Euro 5

Hubinmas dan Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK 1 Perguruan Cikini Jakarta Zaenal Arifin mengungkapkan, pihaknya bersyukur atas kerja sama ini dengan Astra UD Trucks. Melalui pendidikan yang komprehensif dan kunjungan ini, siswanya mendapat wawasan langsung tentang apa yang dibutuhkan untuk berhasil dalam industri otomotif, sambil memprioritaskan keselamatan kerja.

“Program pendidikan ini merupakan langkah maju dalam pendidikan vokasi yang menawarkan lebih dari sekadar pengetahuan teknis, tetapi juga mempersiapkan siswa untuk menjadi pemimpin masa depan yang bertanggung jawab dalam industri otomotif Indonesia,” tutupnya. (eva)

MIXADVERT JASAPRO