ESDM Kantongi 333 Ribu Penerima Rice Cooker Gratis, Distribusi Ditargetkan Desember 2023

Rice Cooker Foto : Kumparan

JagatBisnis.com –  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menerima data 333 ribu penerima rice cooker gratis dari target 500 ribu penerima di tahun 2023. Proses pendataan masih berlangsung dan akan dilanjutkan kepada proses pengadaan.

Dirjen Ketenagalistrikan, Jisman P Hutajulu, mengatakan, minggu ini diharapkan penetapan penerima rice cooker gratis akan selesai, sehingga pengiriman rice cooker bisa dilakukan pada Desember 2023.

“Dari 500 ribu, sudah masuk data sekitar 333 ribu per 14 November. Ini masih lagi di validasi dan verifikasi di lapangan, supaya begitu nanti beres, sudah ada by name by address, dan sudah langsung bisa dikirimkan,” ujarnya saat ditemui di kawasan parlemen, Rabu (15/11).

Baca Juga :   Polytron hingga Cosmos Siap Pasok 500 Ribu Rice Cooker Gratis

Jisman mengatakan, proses lelang produsen program rice cooker gratis dilakukan melalui e-katalog. Namun, dia enggan menyebutkan siapa saja produsen yang telah teken kontrak.

Baca Juga :   Freeport Keluhkan Izin Ekspor Tembaga Tak Kunjung Terbit, ESDM Memberikan Tanggapan

“Belum ada (produsen). Tapi data penerima dari desa itu sudah ada, calon penerima,” tambah Jisman.

Meskipun penerima yang terdata masih 333 ribu dan pengadaan rice cooker belum rampung, Jisman berharap seluruh 500 ribu unit bisa tersalurkan semuanya di tahun ini.

Baca Juga :   Kemen ESDM Bakal Sulap 1.000 Motor BBM Jadi Motor Listrik

“Iya, harapannya gitu (tersalurkan semuanya di tahun ini),” pungkas Jisman.

Program rice cooker gratis merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program ini menyasar keluarga kurang mampu yang telah memiliki jaringan listrik 24 jam.

Setiap penerima akan mendapatkan satu unit rice cooker dengan daya 320 watt. Anggaran program ini mencapai Rp 347,5 miliar.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO