Elektabilitas PDIP Masih Tinggi

PDIP Perjuangan Foto: BBC

JagatBisnis.com –  Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya membeberkan bahwa elektabilitas parpol berdasarkan hasil surveinya pada 26-31 Oktober, menunjukkan bahwa masih didominasi oleh partai-partai besar.

“Elektabilitas PDIP masih unggul 26,3 persen, disusul Gerindra 17,8 persen. Peringat tiganya bisa Golkar 8,1 persen, PKB 7,9 persen, dan NasDem 7,6 persen, karena cukup berimbang,” ujar Yunarto dalam rilis survei Charta Politika bertajuk ‘Peta Elektoral Pasca Putusan MK dan Pendaftaran Capres-Cawapres’ secara virtual, Senin (6/11/2023).

Sedangkan di posisi keempat diduduki oleh PKS dengan elektabilitas 6,9 persen.

Baca Juga :   Politikus PDIP Kritik Soal Usulan Penundaan Pemilu 2024

“Dan saya pikir beberapa partai yang masih harus bertarung untuk mengejar parliamentary threshold, seperti Demokrat 3,8 persen, PPP 3,4 persen, PAN 3,1 persen, Perindo 2,8 persen, dan PSI 0,9 persen,” terangnya.

Baca Juga :   Respons Demokrat Soal AHY Disebut Puan Jadi Salah Satu Calon Cawapres Ganjar

Menurutnya, perolehan suara PSI berdasarkan surveinya ini berbanding terbalik dengan kondisi di lapangan. Sebab PSI adalah parpol paling aktif berkampanye dengan memasang baliho di setiap tempat, namun hasilnya masih di bawah satu persen.

“PSI jadi harus lebih semangat lagi, Kaesang keliling-keliling termasuk memasang baliho dirinya dengan ayahnya,” sambungnya.

Baca Juga :   Akan Temui Surya Paloh di Kantor DPP Nasdem, Puan: Silaturahmi dengan Senior

Sebagai informasi, rilis survei Charta Politika ini dilakukan pada 26-31 Oktober terhadap 2.400 responden yang tersebar di 38 provinsi. Survei ini pun dilakukan dengan metode wawancara tatap muka secara langsung dan tingkat margin of error 2 persen. (tia)

MIXADVERT JASAPRO