Penjabat Bupati di Kabupaten Sitaro Beri Apresiasi karena Pemilu 2024 Berjalan Lancar

Ilustrasi Pemilu 2024 Foto: KOMPAS.com

JagatBisnis.com –   Proses pemungutan suara dan perhitungan suara di masing-masing TPS yang ada di Kabupaten Sitaro pada Pemilu 2024 ini berjalan lancar tanpa kendala. Penjabat Bupati Sitaro, Joi Eltiano B Oroh, mengapresiasi penyelenggara terkait hal itu.

Menurut Joi, pemilu yang lancar merupakan hal yang penting untuk menjamin demokrasi yang kuat dan kepercayaan masyarakat terhadap sistem politik.

“Setidaknya hal ini dapat menjadi motivasi bagi semua pihak yang terlibat dalam pemilu untuk terus meningkatkan kualitas proses demokrasi. Apalagi kita ke depan akan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada),” kata Joi.

Baca Juga :   DPR Batal Ambil Keputusan soal Jadwal Pemilu 2024

Namun, Joi menuturkan di balik proses yang berjalan lancar ini, hal itu tidak lantas menghilangkan kebutuhan untuk evaluasi yang teliti terhadap proses pemilu.

Baca Juga :   Di Lapas Sukamiskin, Setnov Berikan Hak Suaranya

Menurutnya evaluasi yang objektiF menjadi instrumen penting yang dapat membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam sistem pemilu, Sehingga pembaruan dan perbaikan dapat dilakukan untuk proses pemilihan umum berikutnya.

Sementara itu, pada di Pemilu 2024, Joi melakukan pencoblosan di TPS 1 Kelurahan Paseng, Kecamatan Siau Barat. Joi sendiri hanya bisa mencoblos pada tiga kertas suara, yakni Pemilihan Presiden, DPR RI dan DPD RI.

Baca Juga :   Sistem Pemilu Indonesia Dianggap Tidak Ramah Perempuan

“Ya karena masuk dalam pemilih tambahan, maka saya hanya bisa mendapat tiga surat suara yakni untuk Pemilihan Presiden, DPR RI dan DPD,” ucap Joi. (tia)

MIXADVERT JASAPRO