Kemenparekraf Dukung FJB 2023 untuk Wisata Kuliner

JagatBisnis.com –  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung penyelenggaraan Festival Jajanan Bango (FJB) 2023 untuk menjadikan Indonesia sebagai tujuan wisata kuliner dunia. Untuk itu, para pengusaha kuliner dan masyarakat Indonesia diminta terus mempertahankan warisan kuliner nusantara.

“Saya turut bangga dan memberikan apresiasi besar pada Unilever Indonesia yang terus mengembangkan diri dan berinovasi dalam melestarikan kekayaan dan keragaman kuliner asli Indonesia, agar dapat dikenal oleh seluruh kalangan,” ucap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sambutannya secara daring pembukaan FJB 2023, Jumat (27/10/2023).

Menurutnya, yang tak kalah penting, FJB juga mendukung upaya Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenkopUKM) untuk memajukan geliat industri UMKM kuliner lokal. Karena keikutsertaan para pelaku UMKM di festival ini selalu berhasil mendorong popularitas para pengiat kuliner di antara para pecinta kuliner.

Baca Juga :   Inovasi Kreatif Skala Internasional Lewat Karya Mahasiswa UniSadhuGuna Internasional College

“Kuliner nusantara telah lama diperkenalkan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Oleh karena itu, kami berharap melalui FJB 2023, masyarakat Indonesia dapat termotivasi untuk terus mengembangkan diri dan berinovasi dalam melestarikan keragaman kuliner asli Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Nutrition PT Unilever Indonesia Amaryllis Esti Wijono mengaku, berambisi untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah kuliner di negeri sendiri. Apalagi, di tengah maraknya peredaran kuliner mancanegara.

Baca Juga :   Menparekraf: Thailand Wajibkan Wisman Bayar Masuk ke Negaranya, RI Tidak

“Khususnya yang menggunakan kecap sebagai culinary gem kebanggaan Indonesia, harus selalu menjadi tuan rumah di negeri sendiri, agar kita bisa lestari,” terangnya.

Ia berharap, melalui FJB 2023, generasi muda dapat lebih mengapresiasi kuliner nusantara sebagai sebuah mahakarya yang patut dilestarikan karena merupakan bagian dari kekayaan bangsa Indonesia.

“Kami sangat bahagia bahwa FJB kembali mendapat dukungan penuh dari Kemenparektaf dan Kemenkop UKM. Karena lebih dari 100 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sektor kuliner ikut berpartisipasi,” imbuhnya.

Baca Juga :   Indonesia Jadi Rumah Kedua Bagi Warga Australia

Dia menambahkan, FJB telah diselenggarakan secara rutin sejak 2005. Festival kuliner ini menyajikan ragam kuliner dari Sabang sampai Merauke. Pada festival tahun ini, penyelenggara FJB mengangkat tema, “Bangkitkan Sejuta Rasa Nusantara”.

“Adapun hal terbaru dalam FJB 2023 adalah pengalaman multisensori untuk membangkitkan sejuta rasa nusantara. Lilis berharap melalui multisensori tersebut, pengunjung dapat terlarut dalam pesona kuliner Indonesia dengan memanfaatkan kelima indera. Karena menikmati kuliner tidak hanya dari rasa,” tutupnya. (eva)

MIXADVERT JASAPRO