Pelatih Xavi Hernandez Menepis Dugaan Suap Barcelona dalam Kasus Korupsi Komite Wasit Liga Spanyol

Xavi Hernandez Foto: 90min.com

JagatBisnis.comPelatih Xavi Hernandez membela Barcelona dengan menepis dugaan suap yang melibatkan klubnya dalam kasus korupsi yang telah berlangsung selama dua dekade di komite wasit Liga Spanyol. Xavi, mantan pemain Barcelona yang juga telah meraih berbagai trofi bergengsi dengan klub tersebut, menyatakan bahwa wasit tidak pernah memihak kepada Barcelona dalam setiap pertandingan mereka.

“Saya tidak pernah, sama sekali tidak pernah merasa bahwa wasit memihak kepada kami,” ujar Xavi, seperti dikutip Reuters pada Kamis, 28 September 2023. Pernyataan ini menunjukkan bahwa Xavi tidak percaya bahwa Barcelona mendapatkan perlakuan khusus dari wasit selama kariernya sebagai pemain di klub tersebut.

Namun, pernyataan Xavi tersebut berbeda dengan temuan Reuters dalam dokumen pengadilan baru-baru ini yang menuding Barcelona terlibat dalam kasus korupsi di komite wasit Liga Spanyol. Klub yang bermarkas di Camp Nou saat ini berstatus tersangka dalam penyelidikan tersebut.

Baca Juga :   Pemain Ini Pakai Nomor Punggung 10 di Barcelona

Pada tanggal yang sama, kepolisian dilaporkan melakukan penggeledahan di kantor Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) di Madrid sebagai bagian dari penyelidikan kasus korupsi komite wasit Liga Spanyol yang telah berlangsung lama. Hakim investigasi Joaquin Aguirre Lopez sebelumnya mengindikasikan bahwa Barcelona mungkin mendapat keuntungan dari korupsi dalam tubuh komite wasit tersebut. Beberapa nama yang diduga terlibat dalam kasus ini termasuk mantan presiden klub Sandro Rossell, Josep Maria Bartomeu, serta para mantan eksekutif klub seperti Oscar Grau dan Albert Soler.

Baca Juga :   Ronald Koeman Resmi Dipecat Barca

Sebelumnya, jaksa penuntut Spanyol telah mendakwa Barcelona atas pemberian uang kepada mantan Wakil Presiden Komite Wasit Spanyol, Jose Maria Enriquez Negreira. Uang senilai hampir 7,3 juta euro atau sekitar Rp 119,3 miliar yang diberikan kepada perusahaan Negreira, Dasnil 95, oleh Barcelona dalam rentang waktu 1993 hingga 2018 menjadi fokus penyelidikan. Barcelona telah membantah tuduhan ini dan menyatakan bahwa uang tersebut diberikan kepada Dasnil 95 sebagai konsultan eksternal terkait laporan teknis tentang wasit, dan hal tersebut merupakan praktik umum dalam sepak bola profesional.

Baca Juga :   Kiper Barcelona Ini Minta Dijual

(tia)

MIXADVERT JASAPRO