Angkutan Trans Jakarta Tidak Hanya Untuk Karyawan Saja Masyarakat Juga Boleh Naik

JagatBisnis.com – Moda angkutan massa TransJakarta yang tadinya di wacanakan hanya mengangkut karyawan yang ada di Bandara Soetta mendapat banyak kritikan dari masyarakat.

Angkasa Pura (AP II) mendengar kritik terhadap rencana pembukaan rute bus TransJakarta ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang. AP II menyatakan bus TransJakarta nantinya tidak eksklusif untuk karyawan bandara saja, tapi juga bisa digunakan oleh masyarakat umum.
“Kami sudah berkomunikasi dengan TransJakarta itu tidak ada pembatasan. Jadi apakah hanya yang punya kartu pekerja bandara, itu tidak. Masyarakat juga bisa,” kata Direktur Utama PT AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangan yang telah dikonfirmasinya, Selasa (13/6/2023).

Dia menjelaskan, angkutan TransJakarta ke Bandara nantinya beroperasi pada jam-jam yang direncanakan. Jam-jam itu ditetapkan berdasarkan perkiraan pergerakan karyawan bandara. Gunanya untuk mempermudah karyawan bandara yang komuter setiap harinya. Meski begitu, bus itu tidak dibatasi peruntukannya bagi karyawan bandara.

Baca Juga :   TransJakarta Angkat Suara Mengenai Pelecehan Seksual di Bus

“Jadi itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang akan menuju dari dan ke Bandara,” kata Awaluddin.

Baca Juga :   PPKM Level 2, Kapasitas Transportasi Umum di Jakarta Jadi 100 Persen

Rencananya, jam operasional bus TransJakarta itu pada pukul 06.00-09.00 WIB dan jam 18.00-21.00 WIB.

Sebelumnya, Awaluddin, pihak Dinas Perhubungan DKI, hingga Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menjelaskan bahwa rencana itu bakal diperuntukkan bagi karyawan bandara saja. Namun belakangan, kritik muncul mengenai layanan bus yang dikenal sebagai transportasi umum namun bakal dioperasikan eksklusif untuk karyawan bandara.

Baca Juga :   Ini Kata Serikat Pekerja Soal Transjakarta Sering Alami Kecelakaan

“Lebih baik bus TransJakarta nantinya melayani masyarakat umum dan karyawan, jadi bukan hanya karyawan doang,” kata Ketua Institut Studi Transportasi (Instran), Darmaningtyas, Senin (12/6) kemarin.

Sejak awal, bus TransJakarta didesain menjadi alat transportasi publik, bukan eksklusif untuk karyawan instansi tertentu. Darmaningtyas mendorong agar TransJakarta nantinya juga melayani masyarakat umum dari dan ke Bandara Soetta. (den)

MIXADVERT JASAPRO