Hati-hati! Kebiasaan Makan di Luar Rumah Dapat Memicu Hipertensi

JagatBisnis.comKebiasaan makan di luar rumah disebut-sebut dapat memicu gangguan hipertensi. Bahkan, sempat ada penelitian yang menjelaskan, ada hubungan langsung antara konsumsi makanan restoran dengan risiko darah tinggi.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Ginjal-Hipertensi, dr. Tunggul D. Situmorang menjelaskan hipertensi berhubungan dengan kandungan garam yang dikonsumsi. Dengan demikian, makanan di luar rumah lebih memungkinkan kadar garam tinggi. Hal inilah tanpa disadari bisa jadi pencetus seseorang mengalami hipertensi karena hobi jajan/makan di luar rumah.

“Faktanya, makan di luar rumah jadi salah risiko meningkatnya hipertensi. Umumnya mengandung banyak garam. Karena berhubungan erat dengan hipertensi,” kata dr Tunggul di Jakarta, dikutip Kamis (18/5/2023).

Baca Juga :   Anak Terkena Batuk Pilek, Ini Penyebabnya

Bahkan, dr. Tunggul mengatakan, konsumsi manis juga bisa mengandung garam tinggi di dalamnya. Karena mindset garam harus asin itu, salah.

“Ada pasien saya itu suami yang baik, karena istri keluar jadi makan di luar. Jadi istri yang baik harus membekali suami, terus boleh makan di luar asal kandungan garamnya dan menjadi masalah kita mengira yang terasa asin jadi sumber garam padahal tidak,” ungkapnya.

Baca Juga :   Usai Divaksin, Bisakah COVID-19 Sebabkan Diabetes?

Dengan demikian, ia menganjurkan agar setiap orang tua ataupun istri di rumah bisa mencatat setiap kandungan garam di setiap makanannya. Guna bisa mengontrol asupan garam perharinya, tak lebih dari 2000 mg natrium atau 5 gram yang sama dengan 1 sendok teh.

Baca Juga :   COVID-19 Masih Ada, Begini Cara Pemakaian Masker yang Benar

“Hal yang perlu dipahami ialah hipertensi bisa menyebabkan kematian. Sehingga hipertensi sering disebut sebagai penyakit mematikan secara diam-diam (silent killer). Jadi makannya dipilah walaupun tidak terasa asin juga kandungannya cukup tinggi, baiknya agar semua makanan itu ditulis dan batasan harian kita jadi sangat ketat,” imbuhnya. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO