Ekbis  

Survei BI: Harga Rumah Terus Naik Tapi Penjualan Lesu

JagatBisnis.com –  Bank Indonesia (BI) menunjukkan harga rumah semakin mahal dari tahun ke tahun. Berdasarkan Hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) BI, harga rumah di pasar primer secara tahunan terus meningkat.

“Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) triwulan I 2023 tercatat sebesar 1,79 persen year on year (yoy).Angka itu sedikit lebih rendah dibandingkan dengan 2,00 persen lada triwulan sebelumnya,” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono di Jakarta, Rabu (17/5/2023).

Dia menjelaskan, hasil survei mengindikasikan penjualan properti residensial di pasar primer pada triwulan I 2023 mengalami penurunan. Penjualan properti residensial terkontraksi sebesar 8,26 persen triwulan I 2023, lebih rendah dari penjualan triwulan sebelumnya yang tumbuh positif sebesar 4,54 persen.

Baca Juga :   Wow, Peredaran Uang di Bulan Februari 2021 Capai Rp6,810 Triliun

“Hasil survei juga menunjukkan bahwa non perbankan masih menjadi sumber pembiayaan utama untuk pembangunan properti residensial. Pada triwulan I 2023, sebesar 73,31 persen dari total kebutuhan modal pembangunan proyek perumahan berasal dari dana internal,” ungkapnya.

Baca Juga :   Per 20 September, Dana Asing Lari dari Indonesia Capai Rp9 Triliun

Sementara itu, lanjut dia, dari sisi konsumen, fasilitas KPR masih menjadi pilihan utama dalam pembelian properti residensial dengan pangsa sebesar 74,83 persen dari total pembiayaan. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO