Pendaftaran Seleksi CPNS Sekolah Kedinasan Dimulai Hari Ini (15/5), Ini Cara & Syarat

jagatbisnis.com – Jakarta. Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) jalur sekolah kedinasan dibuka mulai hari ini 15 Mei 2024. Ada ribuan formasi CPNS kedinasan 2024. Cermati cara dan syarat daftar CPNS 2024 berikut.

Diberitakan Kompas.com, Badan Kepegawaian Negara (BKN) membuka pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk jalur sekolah kedinasan tahun 2024 pada 15 Mei sampai 13 Juni 2024. Pendaftaran CPNS 2024 akan dilakukan secara daring atau online melalui website Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN).

Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto mengatakan, terdapat 8 kementerian dan lembaga penyelenggara sekolah kedinasan dengan 30 sekolah kedinasan yang membuka seleksi CPNS 2024.

Sekolah kedinasan yang akan diberikan alokasi formasi tahun ini, yaitu Politeknik Keuangan Negara STAN, Insitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Politeknik Siber dan Sandi Negara, Politeknik Statistika STIS, Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi, 22 sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan, serta Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG).

“Insya Allah pengumuman pendaftaran seleksi sekolah kedinasan ini akan dilakukan mulai tanggal 14 Mei 2024 dan peserta dapat mulai melakukan pendaftaran tanggal 15 Mei 2024 melalui portal SSCASN yang dimiliki oleh BKN,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (13/5/2024).

Dia mengungkapkan, terdapat beberapa informasi yang perlu diketahui para pelamar seleksi CASN 2024 untuk sekolah kedinasan, yaitu:

1. Dokumen Persyaratan

Sebagaimana seleksi CPNS pada umumnya, seleksi CPNS sekolah kedinasan juga membutuhkan sejumlah dokumen yang perlu disiapkan untuk persyaratan pendaftaran. Adapun dokumen persyaratannya, antara lain pas foto, KTP, kartu keluarga, ijazah, dan dokumen-dokumen lain sesuai ketentuan yang berlaku pada masing-masing instansi sekolah. “Sementara informasi terkait syarat-syarat pendaftaran lainnya para pelamar dapat melihat pada website masing-masing instansi sekolah kedinasan atau pada SSCASN,” ucapnya.

2. Hanya Boleh Mendaftar 1 Sekolah Kedinasan

Dia menegaskan, pada pendaftaran seleksi CPNS 2024 melalui jalur ini, satu pelamar hanya dapat mendaftar satu sekolah kendinasan. “Maka sebaiknya sebelum nanti memutuskan mau melamar pada sekolah kedinasan apa, kami berharap sudah dipertimbangkan masak-masak terlebih dahulu,” imbaunya.

3. Jadwal SKD

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk seleksi CPNS sekolah kedinasan dijadwalkan akan diselenggarakan selama 18 Juli sampai 6 Agustus 2024. Nantinya SKD akan diselenggarakan di beberapa titik lokasi BKN dan titik lokasi mandiri instansi dimana per harinya akan dilakukan 4 sesi tes. “Namun untuk pelaksanaan seleksi di hari Jumat dilaksanakan hanya sebanyak dua sesi,” kata dia.

Untuk memastikan proses seleksi berjalan lancar, saat ini BKN tengah melakukan sejumlah persiapan seperti sarana dan prasarana yang akan digunakan, kesiapan portal SSCASN, mekanisme helpdesk, hingga aplikasi Computer Assisted Test (CAT).

Dwi mengimbau agar para pelamar seleksi CPNS 2024 untuk tidak mempercayai praktik percaloan yang kerap muncul dan menipu para peserta. Sebab, seleksi CASN 2024 dilakukan menggunakan sistem CAT sehingga tidak memungkinkan adanya celah-celah yang bisa disusupi para oknum.

Dwi bilang, sistem CAT ini didesain untuk menjamin proses seleksi CASN sekolah kedinasan berlangsung secara adil, transparan, akuntabel, serta bebas dari orupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). “Saya berharap supaya jangan mudah percaya terhadap pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menjanjikan kelulusan menjadi mahasiswa atau taruna pada sekolah kedinasan. Proses seleksi ini dilakukan secara online dan tes dilaksanakan dengan CAT yang dipastikan sekali lagi transparan dan akuntabel,” tegasnya.

Cara daftar seleksi CPNS 2024

Untuk mendaftar seleksi CPNS 2024, pelamar harus membuat akun SSCASN di website Sscasn.bkn.go.id. Berikut cara membuat akun dan daftar seleksi CPNS 2024:

  1. Buka situs resmi https://sscasn.bkn.go.id/
  2. Pilih menu “SSSCASN” di kanan atas dan pilih “buat akun”
  3. Pada laman “Pendaftaran Akun SSCASN 2023” pelamar dapat mendaftar lebih dulu untuk membuat akun.
  4. Selanjutnya isi semua data identitas yang diminta seperti NIK dan nomor KK.
  5. Sistem akan otomatis membaca daya yang telah dimasukkan, dan selanjutnya mengisi alamat email, pilihan password, dan kirim data-data tersebut.
  6. Kemudian lihat email yang telah didaftarkan untuk konfirmasi.
  7. Login & Pengisian Data
  8. Setelah memiliki akun, peserta harus login pada situs https://sscasn.bkn.go.id/
  9. Klik menu login dan masukkan NIK serta password yang telah didaftarkan.
  10. Lengkapi data diri Anda pada kolom yang tersedia.
  11. Pilih formasi jabatan sesuai dengan latar belakang pendidikan. Dianjurkan untuk tidak mendaftar CPNS yang tidak sesuai kelulusan, karena dapat bermasalah di kemudian hari.
  12. Pastikan semua data terisi dan sesuai dengan identitas yang ada.
  13. Selanjutnya, unggah dokumen secara lengkap seperti, pasfoto, foto selfie memegang KTP, dan kartu bukti pembuatan akun, persyaratan ijazah, akreditasi kampus dan lain-lainnya sesuai format situs.
  14. Unggah berkas fotokopi atau asli harus sesuai (jika diminta), surat pernyataan dan lainnya
  15. Akses menu ‘unggah dokumen’ untuk mengunggah dokumen, dan klik ‘kirim’ data.
  16. Pastikan semua berkas terisi dengan benar, agar terhindar keputusan tidak lulus hanya karena salah atau lalai memberikan data.
  17. Setelah semua bekas selesai diisi, cek resume pendaftaran, periksa semua data dengan benar, kemudian kirim data. Selanjutnya, cetak bukti kartu pendaftaran untuk disimpan sementara sampai mendapatkan hasil verifikasi berkas.

 

Syarat Pendaftaran Seleksi CPNS 2024

Berikut syarat dan ketentuan umum untuk mendaftar CPNS 2024

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Minimal berusia 18 tahun dan maksimal berusia 35 tahun
  • Peserta tak pernah dipidana penjara
  • Tak pernah diberhentikan dengan tidak hormat atau berhenti dari PNS, TNI, kepolisian
  • Peserta tidak sedang berstatus sebagai CPNS, PNS, TNI, dan sejenisnya
  • Peserta memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan jabatan yang dibuka
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Bukan anggota atau pengurus partai politik
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia maupun negara lain sesuai dengan ketentuan instansi

 

Dokumen syarat pendaftaran seleksi CPNS 2024

Berikut sejumlah dokumen persyaratan CPNS yang perlu disiapkan oleh pelamar:

  • Kartu Tanda Penduduk (e-KTP)
  • Ijazah terakhir
  • Transkrip nilai
  • Akta kelahiran
  • Pas foto formal
  • Daftar riwayat hidup
  • Surat lamaran
  • Dokumen lain sebagai persyaratan khusus sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang dilamar

 

Itulah informasi pendaftaran CPNS 2024 jalur sekolah kedinasan. Segera buka website SSCASN untuk buat akun dan daftar CPNS 2024. (Hfz)

MIXADVERT JASAPRO