Pertamina Retail Buka Peluang Skema Kerja Sama Operasi untuk SPBU DODO

jagatbisnis.com – JAKARTA. SubHolding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga,PT Pertamina Retail terus memperluas jaringan SPBU dengan menghadirkan skema pengelolaan Kerja Sama Operasi (KSO) dengan SPBU DODO (Dealer Owned Dealer Operated).

Vice President Commercial PT Pertamina Retail Edith Indra Triyadi mengatakan, konsep kerja sama ini juga dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan citra SPBU Pertamina.

“Kerja sama ini akan dilakukan dengan skema yang tentunya akan menguntungkan bagi kedua belah pihak,” kata Edith dalam keterangan resmi, Sabtu (11/5).

Baca Juga :   Tak Ada Pengendalian, Kuota BBM Subsidi Habis 4 Bulan Lagi

Pada kerja sama operasi ini, Edith menuturkan, Pertamina Retail akan memberikan sejumlah dukungan investasi bagi SPBU DODO di beberapa aspek, di antaranya yaitu finance management, fuel management/operation, Non-Fuel Retail Business (NFR), pembaruan infrastruktur, dan optimalisasi digitalisasi SPBU.

Ia menjelaskan, terdapat dua sistem kerja sama operasi yakni SPBU KSO TAC (Technical Assistance Contract) dan SPBU Full Operate. Melalui kedua skema kerja sama ini, Pertamina Retail akan memberikan pendampingan dan kontribusi yang berbeda.

Baca Juga :   Ahok Ngaku Bongkar Kasus Korupsi LNG di Pertamina, KPK Selidiki

Pada SPBU Full Operate, Pertamina Retail akan mengambil peran secara penuh pada operasional SPBU, sedangkan para kerja sama TAC akan terdapat peran mitra SPBU DODO dalam operasional.

Pada kerja sama TAC, kontrak kerja sama dapat dilakukan dalam kurun waktu minimal satu tahun. SPBU DODO nantinya akan mendapatkan pendampingan dan asistensi dari tim PT Pertamina Retail yang ditempatkan di SPBU.

Baca Juga :   Dirut Pertamina Bakal Diperiksa Polisi Terkait Mafia Tanah

Kemudian PT Pertamina Retail juga akan mengambil peran dalam pemesanan BBM dan pengelolaan dana manajemen keuangan yang transparan, sehingga modal kerja yang sebelumnya ditanggung mitra SPBU DODO akan berkurang.

Sedangkan pada skema Full Operate, kontrak kerja sama dapat dilakukan dalam waktu minimal lima tahun dan PT Pertamina Retail akan memberikan sejumlah investasi untuk pembaruan peningkatan sarana dan prasarana SPBU dengan memerhatikan aspek kajian kelayakan bisnis yang tepat. (Hfz)

MIXADVERT JASAPRO