Kemendagri Mendukung Program Jaminan Kesehatan di Desa

JagatBisnis.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendukung penuh program jaminan kesehatan di desa-desa dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Bahkan, siap untuk bekerja sama melalui Program Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi (Pesiar).

Hal tersebut sampaikan Dirjen Bina Pemerintahan Desa (Pemdes)
Kemendagri Eko Prasetyanto Purnomo Putro usai menerima kunjungan Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan David Bangun di Kantor Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, di Jakarta, dikutip Selasa (16/5/2023)

Dia menjelaskan, program Pesiar dihadirkan untuk menyisir kembali peserta BPJS di desa yang sudah aktif dan tidak aktif. Nantinya akan mengategorikan masyarakat ke dalam kategori pekerja dan layak mendapatkan bantuan.

Baca Juga :   Mendagri: Kepulauan Widi Tidak Boleh Pindah ke Tangan Asing

“Kedua belah pihak berharap program itu bisa menjangkau pemberian jaminan kesehatan kepada masyarakat desa sampai ke daerah pelosok. Sehingga kami dapat melakukan langkah selanjutnya dengan menghadirkan pemahaman yang sama mengenai program jaminan kesehatan di desa untuk menyelesaikan permasalahan desa yang sangat variatif,” ungkapnya.

Baca Juga :   Para Kepala Desa Sumbar Audisi ke Pemdes Kemendagri

Menurut dia, sinergi ini merupakan salah satu hal yang penting dan kunci dalam menyelesaikan permasalahan di desa. Apalagi, saat ini sebanyak 46 juta penduduk yang sudah tidak aktif sebagai peserta BPJS Kesehatan. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO