Giliran Rian Ernest Hengkang dari PSI

Rian Ernest Foto: Konten Jatim

JagatBisnis.com –  Satu per satu kader Partai Solidaritas Indonesia atau PSI memutuskan untuk meletakan kartu anggotanya, alias hengkang. Kini giliran Rian Ernest yang menyatakan resmi mundur dari partai besutan Grace Natalie.

Kepastian mundurnya Rian, diketahui melalui video yang ia unggah di akun Facebooknya. Ia pun menyebut tidak menyesal dan meyakini keputusan yang sudah dirinya ambil tepat.

“Melalui video ini saya menyatakan pengunduran diri saya dari PSI. Meski berat, saya meyakini ini langkah yang benar demi langkah politik saya ke depannya,” kata Ernest, Kamis (15/12/2022).

Dalam video tersebut, ia turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada PSI yang sudah menaunginya selama empat tahun. Rian juga tidak lupa berpamitan kepada sejumlah sosok rekan seperjuanganya, seperti Jeffrie Geovanie, Giring Ganesha, Grace Natalie, Raja Juli Antoni dan Dea Tunggaesti.

Baca Juga :   PSI Kritik Anies Terkait Pergub Penggusuran

Meski tak lagi bersama PSI, ia menegaskan tetap akan berjuang di jalur politik. Pasalnya dia memandang bahwa negara sebesar Indonesia yang sangat potensial ini butuh cara berpolitik yang baik, agar aspirasi bisa tersuarakan dan masyarakat tercerdaskan. “Saya terus membutuhkan bantuan anda untuk jadi politisi yang lebih baik, bermanfaat bagi rakyat,” kata dia

Lebih dari sepekan lalu, mantan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PSI Jakarta, Michael Victor Sianipar juga menyatakan mundur dari posisinya dan statusnya sebagai kader partai.

Meski tidak secara gamblang, namun ucapan Michael menyiratkan memang ada permasalahan dari dalam tubuh PSI. Pasalnya selama lima tahun menjadi kader, telah terjadi banyak perubahan yang dia nilai sudah melenceng dari visi dan misi yang menjadi landasan partai ini berdiri.

Baca Juga :   PSI Gelar Rembuk Rakyat Pilih Capres

“Saat saya bergabung di PSI, partai ini masih piringan putih, penuh cita-cita dan harapan. Banyak pemuda tertarik dengan citra yang berhasil kita bangun atas PSI. Kita bangun PSI di Jakarta dari nol, dari tidak dikenal sama sekali hingga menjadi kekuatan politik yang diperhitungkan di Jakarta,” ujarnya melalui kanal Youtube Total Politik, Jumat (9/12/2022).

Dia mengungkapkan, dirinya memutuskan keluar dari PSI lantaran ada persoalan yang sistemik di dalam PSI. Menurutnya, keputusan ini diambil dengan pertimbangan matang yang memperhatikan perkembangan aspek kepemimpinan partai dan visi terkini partai.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie sempat buka suara atas keputusan Michael untuk mundur. Ia pun balik mempertanyakan pernyataan yang telah Michael lontarkan.

Baca Juga :   Viani Limardi Gugat PSI ke PN Jakpus

Grace menolak PSI disebut telah berubah dari visi dan misi partai. Ia menjamin partainya tetap konsisten menjaga nilai-nilai yang sudah diperjuangkan selama ini. “Nggak paham saya maksudnya. Coba ditanya saja ke Mike. Saya jamin PSI tidak pernah berubah dari nilai-nilai awal yang kami perjuangkan,” ujar Grace, Minggu (11/12/2022).

Selain Michael dan Rian, sudah ada beberapa kader PSI lain yang mundur, seperti Surya Tjandra, Tsamara Amany, dan Sunny Tanuwidjaja. Kami sempat mencoba menghubungi Rian Ernest untuk menanyakan klarifikasi, namun baik sambungan telepon ataupun pesan singkat, tidak ia respons.(tia)

MIXADVERT JASAPRO