Jokowi Bawa Misi Khusus di KTT APEC Bangkok

JagatBisnis.com –   Presiden Joko Widodo (Jokowi) Jumat (18/11/2022) akan menghadiri pertemuan para pemimpin ekonomi APEC (AELM) ke-29 yang digelar dalam format retreat dan sejumlah pertemuan bilateral di Bangkok, Thailand. Jokowi dijadwalkan berdialog dengan sejumlah pemimpin negara antara lain Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman.

Berdasarkan keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden, Presiden Jokowi akan menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Selandia Baru di Hotel Kimpton Maa-Lai, Bangkok di awal agenda kegiatannya pada Jumat ini.

Selepas itu, Presiden Jokowi dijadwalkan untuk menghadiri Pertemuan Para Pemimpin Ekonomi APEC (AELM) Ke-29 yang digelar dalam format retreat di Queen Sirikit National Convention Center, Bangkok.

Baca Juga :   Jokowi Tegaskan ASEAN Harus Jadi Kekuatan Besar Ekonomi Digital

Jokowi juga akan menghadiri sesi dialog informal pemimpin APEC dengan para undangan. Sejumlah pemimpin ekonomi di luar APEC yang diundang antara lain Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman.

Baca Juga :   Jokowi Kenakan Dolomani Baju Adat Buton saat Jadi Inspektur Upacara HUT RI

Setelah itu, Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral dengan Chief Executive Hong Kong. Presiden Jokowi kemudian akan mengikuti sesi makan siang Pemimpin APEC bersama undangan.

Selanjutnya, Kepala Negara dijadwalkan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman. Dia kemudian akan menghadiri sesi dialog Pemimpin APEC dengan ABAC atau Dewan Penasihat Bisnis APEC dan dilanjutkan dengan mengunjungi Bio-Circular-Green (BCG) Exhibition pada sore harinya.

Baca Juga :   Boleh Mudik Lebaran, Jokowi: Syaratnya Sudah Divaksin Booster

Jokowi juga diagendakan untuk melakukan audiensi dengan Raja Thailand di Chakri Maha Prasat Throne Hall, sebelum kemudian bertolak menuju Bandara Internasional Suvarnabhumi. Selanjutnya, Presiden Jokowi dan rombongan akan kembali ke Tanah Air dan dijadwalkan tiba pada malam hari. (tia)