LRT Jabodetabek Bakal Terkoneksi dengan KCJB

JagatBisnis.com –  LRT Jabodebek nantinya terkoneksi dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di kawasan Halim Perdanakusuma. Selain terkoneksi dengan KCJB, LRT Jabodebek akan terintegrasi dengan berbagai moda transportasi lainnya seperti Commuter Line dan bus.

“Untuk itu, saat ini kami tengah menyelesaikan jalur LRT Jabodebek di kawasan Halim Perdanakusuma,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/10/2022).

Didiek menjelaskan, pihaknya sedang menyiapkan KA Feeder beserta ruang tunggunya yang akan berhenti di Stasiun Padalarang, Cimahi dan Bandung. Layanan itu disediakan untuk memudahkan pelanggan KCJB yang ingin melanjutkan perjalanan ke wilayah Cimahi maupun pusat Kota Bandung.

Baca Juga :   LRT Jabodetabek Dioperasikan Secara Otomatis Tanpa Masinis

“Kehadiran KCJB ini tidak hanya menjadi alternatif transportasi baru yang menghubungkan kedua wilayah, tetapi dapat meningkatkan perekonomian di wilayah yang dilalui,” ungkapnya.

Baca Juga :   Uji Coba LRT di Jabodebek Akan Tetap Berjalan

Sementara itu, untuk kesiapan sarana, Didiek memaparkan, saat ini sudah tiba di Depo Tegalluar sebanyak tiga rangkaian yaitu dua rangkaian Electric Multiple Unit dan satu rangkaian Comprehensive Inspection Train. Adapun total keseluruhan mencapai 12 rangkaian ditargetkan akan tiba di Indonesia pada Maret 2023.

Baca Juga :   Peringati HUT ke-77, KAI Siapkan LRT Jabodebek dan KA Cepat

“Untuk kesiapan prasarana, saat ini sedang dikerjakan pemasangan rel kereta api dari arah Bandung menuju Jakarta. Kemudian ada juga penyelesaian pemasangan girder box atau gelagar hingga pembangunan subgrade. Overhead Catenary System (OCS) atau peralatan listrik aliran atas juga sudah mulai terpasang,” tutup dia. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO