Kebutuhan Listrik untuk MotorGP Meningkat 40 Persen

JagatBisnis.com – PT PLN (Persero) memperkirakan kebutuhan listrik untuk Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP akan meningkat hingga 40 persen dibandingkan dengan penyelenggaraan World Superbike pada November 2021.

Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara Adi Priyanto mengatakan kebutuhan listrik untuk World Superbike sebesar 1,1 MegaWatt (MW), sementara pada MotoGP kebutuhan listrik meningkat hingga 1,7 MW.

“Kami siap menyukseskan MotoGP yang digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, setelah menyelesaikan persiapan sistem dan jaringan kelistrikan. Kebutuhan listrik diperkirakan naik 40 persen dibandingkan dengan World Superbike,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/3/2022).

Baca Juga :   HUT RI, PLN Listriki 12 Dusun di Sulsel, Sultra, dan Sulbar

Menurut dia, saat ini proses instalasi kelistrikan seluruh tempat untuk MotoGP Mandalika 2022 telah siap 100 persen. Sirkuit internasional Pertamina Mandalika masuk dalam Sistem Kelistrikan Lombok telah dipersiapkan dengan daya mampu sebesar 392,3 megawatt.

“Sehingga perkiraan beban puncak Sistem Kelistrikan Lombok sebesar 302,2 megawatt dan cadangan daya sekitar 29,8 persen,” terangnya.

Baca Juga :   Tarif Listrik untuk Orang Kaya Bakal Naik

Adi mengungkapkan, pihaknya berkomitmen penuh untuk mendukung penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP dengan pelayanan listrik tanpa kedip.

“Kami mendukung sistem kelistrikan yang bagus, sehingga bisa mendukung ajang ini. Kami juga masih punya cadangan 90 MW  atau sekitar 30 persen cadangan daya apabila tiba-tiba kebutuhan meningkat,” paparnya. .

Baca Juga :   Anak-Anak Dilarang Main Layangan di Dekat Jaringan Listrik

Adi menambahkan komitmen pihaknya dalam mendukung gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika telah dibuktikan dengan menyelesaikan instalasi utama sejak Oktober tahun lalu, sementara persiapan cadangan instalasi telah selesai 100 persen.

“Kami berharap dengan adanya persiapan yang sudah matang, PLN menjamin kondisi kelistrikan yang andal dan berkualitas. Selain fokus di MotoGP Mandalika, kami juga memastikan pelayanan listrik untuk di wilayah lainnya,” pungkas Adi. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO