Pemda Diminta Bentuk Satgas Pengamanan Mudik Menjelang Lebaran

JagatBisnis.com – Unsur pemerintah daerah (pemda) bakal ikut serta dalam pengamanan mudik Lebaran atau Idul Fitri 1443H/2022M. Wujud konkretnya melalui pembentukan satuan tugas (satgas) oleh setiap pemda.

“Saya akan mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang isinya adalah di daerah membuat Satgas dalam rangka untuk mengamankan arus mudik arus balik,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian saat menyampaikan paparannya dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Menghadapi Idul Fitri 1443H dan Antisipasinya di Rupatama Mabes Polri, Kamis (14/4/2022).

Tito menjelaskan, pembentukan Satgas merupakan bagian partisipasi aktif pemda mendukung persiapan arus mudik dan arus balik Lebaran rancangan Kapolri bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Menurut Tito, pemda juga bakal menjadi pemimpin di daerah masing-masing guna memastikan agenda tersebut berjalan lancar.

Baca Juga :   Kominfo Gandeng Kemendagri Tingkatkan Literasi Digital untuk ASN

Tito memaparkan, nantinya berbagai pihak di daerah akan ikut serta dalam pengamanan mudik Lebarab 2022. Sebagai contoh, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Pemadam Kebakaran hingga para relawan. Pihak-pihak ini diupayakan bergabung dalam posko milik Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Baca Juga :   Kemendagri Tolak Perda Religius Kota Depok

Tak hanya itu, harapannya, posko Polri dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga dapat bergabung bersama dengan posko pemda yang berlokasi di sejumlah titik, seperti terminal, pelabuhan, bandara, serta titik-titik rawan kemacetan lainnya.

Baca Juga :   Kota Yogya Diserbu Para Pemudik

Tito meyakini, pemda tidak akan mengalami kendala berarti terkait pelaksanaan arus mudik dan balik 2022. Pasalnya, kegiatan tersebut telah menjadi agenda ritual tahunan mayoritas masyarakat di Indonesia.

“Yang tadi Bapak Menko (Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) sudah sampaikan, kita mungkin ingat-ingat kembali (mudik) tahun 2019 dan sebelumya,” tegas Tito.(pia)

MIXADVERT JASAPRO