Kominfo Gandeng Kemendagri Tingkatkan Literasi Digital untuk ASN

JagatBisnis.com-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar kegiatan Training of Trainers (ToT) Literasi Digital Sektor Pemerintahan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Karena ASN berperan penting dalam transformasi digital di Tanah Air. Makanya, penting diberikan pelatihan mengenai literasi digital.

Direktur Pemberdayaan Informatika Kominfo, Bonifasius Wahyu Pudjianto mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan dapat mendorong ASN mengenal dan mengadopsi teknologi digital. Sehingga dapat diarahkan menjadi trainers untuk mengedukasi literasi digital di sektor pemerintahan dalam mendukung tercapainya target kumulatif sebesar 50 juta orang terliterasi pada 2024.

“Seperti halnya dengan calistung atau baca, tulis, dan hitung pada saat ini kami masih kecil, literasi digital tidak bisa lepas dari kehidupan kami pada saat ini. Apalagi, ASN berpotensi sebagai aspek penting dalam percepatan transformasi digital untuk meningkatkan Indeks Literasi Digital Nasional,” katanya, Minggu (26/6/2022).

Baca Juga :   Disdukcapil Maksimalisasi Pendataan Adminduk Disabilitas

Sementara itu, Kepala Pusat IV Pengembangan Kompetensi Fungsional dan Teknis BPSDM Kemendagri, Dian Andy Permana menyambut baik serta antusias adanya kolaborasi dan kerja sama ini, khususnya dalam peningkatan kapasitas literasi digital.

Baca Juga :   Kemendagri: Enam Daerah Jadi Percontohan Tiga Inovasi Prioritas

“Ini menjadi monent yang bagus untuk menambah kualitas bagi para widyaiswara kami. Sehingga dapat menambah kemampuan dan poin mereka. Apalagi, pelatihan itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kominfo. Program itu menyasar berbagai daerah di Indonesia dan menargetkan 50 juta orang akan mendapatkan literasi digital pada tahun 2024,” tutup Dian. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO