Kota Yogya Diserbu Para Pemudik

JagatBisnis.com – Lonjakan penumpang mulai terjadi di Stasiun Tugu pada H-5 lebaran. Tercatat ada sebanyak 11 ribu penumpang yang tiba di stasiun tersebut pada hari ini, Rabu (27/4). Di hari biasa atau tahun-tahun sebelumnya jumlahnya di bawah 10 ribu penumpang.

Manajer Humas PT KAI DAOP 6 Supriyanto mengatakan puncak mudik di Stasiun Tugu diperkirakan terjadi pada 29 April mendatang.

“Untuk arus mudik atau arus kedatangan di wilayah Yogyakarta ini mulai tanggal 27 hari ini mulai ada peningkatan, kalau data kami ada sekitar kurang lebih 11 ribu penumpang yang turun di wilayah DAOP 6 Yogyakarta ini,” kata Supriyanto kepada wartawan, Rabu (27/4).

Baca Juga :   Pemda Diminta Bentuk Satgas Pengamanan Mudik Menjelang Lebaran

“Perkiraan kami puncaknya tanggal 29 ada sekitar 14.600 calon penumpang yang turun di wilayah DAOP 6 Yogyakarta ini,” lanjut dia.
Selain itu, arus keberangkatan dari Yogyakarta ke daerah lain juga mulai meningkat. Meski, untuk jumlahnya belum dirinci.

“KA-KA keberangkatan dari wilayah kita maupun yang lewat rata-rata mulai banyak hari ini untuk keberangkatan,” jelasnya.

Untuk kereta api, sejak 5 April lalu syarat penumpang naik kereta api yang sudah booster tidak perlu menunjukkan skrining hasil negatif COVID-19. Sementara bagi yang baru dua kali vaksin wajib menunjukkan minimal antigen yang berlaku 1×24 jam atau PCR yang berlaku 3×24 jam. Sedangkan untuk yang baru satu kali wajib PCR yang berlaku 3×24 jam.

Baca Juga :   16.100 Pemudik sudah Tinggalkan Jakarta

“Kami masih menyediakan tempat untuk antigen di stasiun Yogyakarta, Lempuyangan di Solobalapan, Sragen masih ada. Kalau pantauan kami hari-hari ini cukup ada yang antigen tapi tidak seperti sebelum aturan terbaru dikeluarkan,” katanya.

Baca Juga :   Ganjar Pranowo Imbau Pemudik Tidak Menggunakan Kendaraan Roda Dua

Di sisi lain, hari ini juga merupakan hari pertama angkutan motor gratis wilayah Daop 6 Yogyakarta. Untuk mendapatkan layanan ini, syaratnya adalah memiliki tiket baik travel, kereta api, dan sebagainya.

Kedua, juga harus menunjukkan surat-surat kendaraan serta KTP. Satu hari sebelum berangkat sudah registrasi dan menyerahkan kendaraan.

“Pagi tadi ada kurang lebih 19 motor yang turun di stasiun Lempuyangan, 9 motor yang turun di stasiun Klaten serta 16 motor yang turun di stasiun Purwosari,” katanya.(pia)

MIXADVERT JASAPRO