Virus Corona hingga Pra Kerja Rajai Pencarian Google 2020

jagatBisnis.com — Data Google, pencarian seputar virus Corona, PSBB dan kartu prakerja menempati tiga topik teratas pencarian sepanjang tahun 2020 di Indonesia. Hal itu terangkum dalam Year in Search 2020. Namun, daftar Year in Search 2020 tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas penelusuran. Tapi, data didapat dengan mempelajari agregasi dari triliunan penelusuran (kueri) pengguna Indonesia tahun ini.

“Jadi datanya itu didapat dari tren yang dihitung dari angka tren pencarian sepanjang tahun,” jelas Communication Manager Google Indonesia Feliciana Wienathan, di Jakarta, Rabu (09/12/2020).

Dia menjelaskan, angka tren itu  didapat dengan membuat rata-rata tren pencarian sepanjang tahun. Jadi bukan berdasarkan satu topik saja yang menjadi tren di satu titik waktu lalu menghilang. Data penelusuran dikumpulkan sampai 30 November 2020. Apalagi,  pandemi Covid-19 tahun ini mendorong pencarian pengguna Indonesia untuk menambah keterampilan baru.

“Kondisi normal baru juga mungkin telah memberikan perspektif baru bagi Indonesia, mendorong kebiasaan baru, meningkatkan keterampilan, hingga menciptakan terobosan.

Hal ini nampak dari bagaimana pencarian untuk membuat sesuatu, seperti cara membuat hand sanitizer, cara mendaftar UKM online, cara menjadi reseller, hingga cara menjadi YouTuber pemula adalah beberapa penelusuran yang menduduki tren teratas tahun ini,” ungkapnya

Menurutnya, warganet Indonesia ternyata cukup penasaran dengan perkembangan berita dalam negeri. Hal itu tampak dari populernya topik omnibus law, resesi, hingga kartu pra-kerja. Kegiatan belajar dari rumah juga meningkatkan pencarian dengan kueri seperti ‘Google Classroom’, ‘apa itu kuota belajar’, hingga ‘cara masuk ke Google Classroom’.

“Bahkan, pencarian netizen terkait hiburan dari Korea juga naik dalam beberapa tahun ke belakang. Uniknya, tahun ini terdapat peningkatan yang signifikan dari hiburan Korea di banyak kategori, mulai dari lagu, aktor atau aktris, serial TV, hingga resep,” ulasnya.

Berikut daftar trending penelusuran sepanjang tahun 2020 secara umum:

1. Virus Corona

2. PSBB

3. Kartu Pra Kerja

4. Sepeda Lipat

5. Odading

6. Glen Fredly

7. Hand Sanitizer

8. Lathi – Weird Genius ft. Sara Fajira

9. Omnibus Law

10. Google Classroom

(esa/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button