4 Pengungsi Asal Timur Tengah Dipindahkan ke Jakarta

JagatBisnis.com – Empat pengungsi ataupun pelacak pengungsian politik dari Timur Tengah di Makassar, Sulawesi Selatan dipindahkan ke Jakarta.

Kepala Subbagian Pendaftaran, Administrasi dan Peliputan Rudenim Makassar, Rita mengatakan pemindahan keempat pengungsi itu atas permohonan dari arahan Global Organization for Migration (IOM).

” Terdapat permohonan dari IOM untuk pemindahan keempat pengungsi itu untuk memudahkan cara resettlement ke negeri ketiga,” ucap Rita, Kamis (11/2/2021).

Rita menyampaikan, resettlement merupakan penempataan terkini tetap paling utama untuk pengungsi terluka, ke negeri ketiga yang ingin menyambut.

4 pengungsi asal Timur Tengah itu, ialah Syed Muntazir Hussain( 34) asal Pakistan, Abbas Ali( 45) Pakistan, Hussain Ali Sadaqat( 45) asal Afghanistan dan Dhia Eddin Abo Alhijaa( 28) asal Palestina.

Rita mengatakan, pemindahan dilakukan setelah Ketua Jenderal Imigrasi melalui Ketua Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kemenkumham telah membenarkan cara itu.

” Kita ajukan cara pemindahan itu setelah terdapatnya permohonan dari IOM. Sedemikian itu prosesnya berakhir di pusat, langsung kita terbangkan ke Jakarta,” tuturnya.

Rita menambahkan, pemindahan keempat pengungsi itu ke Jakarta dalam bagan pengecekan kesehatan, tanya jawab dan mempersiapkan berbagai keseluruhan persyaratan yang lain untuk kebutuhan resettlement.

Saat ini Rumah Arestasi Imigrasi( Rudenim) Makassar masih menampung 1. 682 pengungsi asal luar negara yang terhambur di 20 tempat penampungan di Makassar. Seluruh pengungsi ini pula menunggu cara resettlement. (ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button