Ratusan Ribu Rice Cooker Gratis Dibagikan, Telan Dana Rp 176 Miliar!

Rice Cooker Foto : Kumparan

JagatBisnis.com –¬†¬†Pemerintah telah merealisasikan program pembagian Alat Masak Listrik (AML) atau rice cooker gratis kepada 342.621 rumah tangga. Program ini menghabiskan dana sebesar Rp 176 miliar, dari pagu awal sekitar Rp 322 miliar.

Penyaluran rice cooker gratis ini mencakup 36 provinsi, 325 kabupaten/kota, 2.460 kecamatan, dan 13 ribu desa kelurahan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan energi listrik dan mendorong masyarakat beralih ke kompor listrik.

Meskipun target awal program ini adalah 500 ribu rumah tangga, namun realisasinya hanya mencapai 68,5%. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

Baca Juga :   ESDM Kantongi 333 Ribu Penerima Rice Cooker Gratis, Distribusi Ditargetkan Desember 2023

– Data yang tidak akurat: Data penerima manfaat yang tidak akurat menyebabkan beberapa rumah tangga yang berhak tidak menerima rice cooker gratis.
– Kurangnya sosialisasi: Sosialisasi program yang kurang gencar membuat banyak masyarakat yang tidak mengetahui program ini.
– Penolakan dari masyarakat: Beberapa masyarakat menolak menerima rice cooker gratis karena mereka tidak ingin beralih ke kompor listrik.

Baca Juga :   Pemerintah Pastikan Rice Cooker Gratis Dibagikan Bulan Depan, Tingkatkan Elektrifikasi dan Hemat LPG

Meskipun program ini masih memiliki kekurangan, namun diharapkan program ini dapat membantu meningkatkan konsumsi listrik dan mendorong masyarakat beralih ke energi yang lebih ramah lingkungan.

Baca Juga :   Gaduh Soal Rice Cooker Gratis Buat Orang Miskin

(tia)

MIXADVERT JASAPRO