WNA Taiwan yang Hilang di Perairan Pulau Rambut Masih Dalam Pencarian

JagatBisnis.com –  Kapal bernama KM Pari Kudus yang membawa 35 orang penumpang terbalik di perairan Pulau Rambut, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta pada, Senin 11 Maret 2024, sore.

Dari total 35 orang manifest yang terdata menaiki kapal terdiri dari 32 orang penumpang dan 3 ABK. 32 penumpang yang terdata terdiri dari 5 WNA China, 4 WNA Taiwan, 1 WNA Korea dan 22 WNI. Masih ada satu orang penumpang WNA asal Taiwan yang diketahui masih hilang.

Kapolres Kepulauan Seribu, AKBP Jarot Sungkowo menyebutkan kapal tersebut terbalik sekitar Pukul 16.30 WIB karena ombak besar dan angin kencang. Pihaknya akan kembali melanjutkan pencarian orang yang masih hilang.

Baca Juga :   Tenggelamnya Kapal Cahaya Arafah Bakal Diusut Polda Maluku Utara

“Besok turun lagi, (sekarang ombak) masih tinggi, tim Basarnas masih kumpul semua,” ujar Jarot, Senin malam kepada awak media.

“Satu orang belum di temukan berinisial SY usia 48 tahun berjenis kelamin laki laki, dan merupakan warga negara Taiwan,” lanjut Jarot.

Baca Juga :   Kapal Pengangkut Air Mineral Tenggelam di Perairan Kepulauan Seribu Usai Diterpa Angin Kencang

Sebanyak 34 Korban disebut Jarot sudah di evakuasi oleh Petugas dari Polres Kepulauan Seribu bersama Basarnas, TNI AL, Kapal Pemadam Kebakaran dan Kapal Marina Expres yang kebetulan melintas di sekitar lokasi kejadian. Kemudian Kapal KM Pari Kudus juga sudah dievakuasi di Pulau Untung Jawa.

Meski demikian Jarot menjelaskan sudah ada peringatan dini cuaca buruk di perairan Kepulauan Seribu yang disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Baca Juga :   Kapal Imigran Tenggelam di Perairan Italia, Puluhan Orang Tewas

Peringatan Dini dari BMKG mengenai arah angin didominasi dari Barat – Utara dengan kecepatan angin maksimum sebesar :

– 20 knot (37 km/jam) di Perairan Utara Banten, Teluk Jakarta, Perairan Karawang – Subang, dan Perairan Indramayu – Cirebon.

– 25 Knot (46 km/jam) di Laut Jawa bag.Barat dan Perairan Kep.Seribu. (tia)

MIXADVERT JASAPRO