Respon Polri Soal Firli Bahuri Hingga Kini Tak Kunjung Ditahan

JagatBisnis.com –  Polri merespon soal langkah Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) yang menggugat praperadilan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo karena tak kunjung menahan mantan Ketua KPK Firli Bahrui yang sudah 3 bulan lebih jadi tersangka kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi terhadap eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo menyebut dalam penanganan kasus itu penyidik bekerja secara prosedural sesuai aturan yang berlaku.

“Sekali lagi kami yakinkan penyidik selalu akan bekerja secara prosedural dam akuntabel,” ujar Trunoyudo kepada waratwan, Senin (4/3/2024).

Mengenai perkembangan penanganan, penyidik disebut masih berupaya melengkapi berkas perkara sesuai dengan arahan atau petunjuk jaksa peneliti.

Baca Juga :   Firli Bahuri Dituntut Bertanggung Jawab Segera Tangkap Buronan KPK

“Sejauh ini, langkah-langkah yang tadi kami sampaikan ya dalam rangka pemenuhan pentunjuk jaksa penuntut umum,” ungkapnya

Meski demikian, Trunoyudo tidak menjelaskan soal langkah selanjutnya dalam upaya melengkapi berkas perkara tersebut. Diketahui, ada kendala yang dihadapi penyidik yakni ketidakhadiran Firli Bahuri pada dua kali panggilan pemeriksaan.

Trunoyudo mengatakan, Bareskrim Polri dalam hal ini Direktorat Tindak Pidana Korupsi sedari awal memberikan asistensi sehingga penangananya lebih akuntabel.

“Sejauh ini juga asistensi diberikan sejak awal hingga saat ini oleh direktorat tindak pidana koupsi Bareskrim Polri,” kata Trunoyudo.

Baca Juga :   Di Sidang Etik Firli Bahuri, Dewas KPK Panggil Belasan Saksi

Diketahui, MAKI menggugat praperadilan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo; Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto; dan Kajati DKI Narendra Jatna terkait penangaman kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi yang menetapkan Firli Bahuri sebagai tersangka.

Koordinator MAKI, Boyamin Saiman menyebut alasan diajukannya gugatan praperadilan dikarenakan Kapolri dan Kapolda dianggap telah menghentikan proses penyidikan secara tidak sah dengan tak menahan Firli Bahuri

“Bahwa Kapolda dan Kapolri telah melakukan penghentian penyidikan secara tidak sah karena tidak melakukan penahanan terhadap Firli Bahuri,” ucapnya.

Baca Juga :   Begini Tanggapan Firli Bahuri soal Foto dengan SYL di GOR Bulu Tangkis

“Bahwa untuk dipatuhi putusan ini oleh para termohon maka diperlukan perintah hakim kepada para termohon melakukan penahanan terhadap FB,” sambung Boyamin.

Selain itu, para termohon juga dinilai semestinya segera melimpahkan berkas perkara Firli Bahuri. Kemudian, Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta juga dianggap harus secepatnya menyatakan berkas perkara itu lengkap.

“Bahwa Para Termohon seharusnya segera melimpahkan berkas perkara yang ketiga kalinya kepada Jaksa Penuntut Umum Kejati DKI Jakarta dan semestinya JPU segera menyatakan berkas lengkap jika alat bukti telah cukup memenuhi unsur korupsi yang disangkakan Penyidik,” kata Boyamin. (tia)

MIXADVERT JASAPRO