Menteri ATR/Kepala BPN Lakukan Kunjungan Kerja Pertamanya ke Provinsi Sulawesi Utara

JagatBisnis.com –   Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) langsung melaksanakan kunjungan kerja pertamanya sehari pasca dilantik dan serah terima jabatan. Ia bertolak ke Provinsi Sulawesi Utara pada Kamis (22/02/2024) untuk menyerahkan sertipikat tanah dan meninjau pelayanan pertanahan di Kota Manado.

Dalam kunjungan kerja pertamanya ini, Menteri AHY bertemu dan berdialog secara langsung dengan masyarakat. Ia mendengarkan aspirasi masyarakat serta memastikan bahwa proses sertipikasi tanah di daerah berjalan dengan baik.

“Saya menyerahkan sertipikat tanah langsung kepada masyarakat. Di sini saya sambil terus belanja masalah, apa lagi yang kira-kira bisa kita lakukan dari pusat dan tentunya turunannya di tingkat provinsi dan kabupaten/kota,” ujar Menteri ATR/Kepala BPN pada Kamis (22/02/2024).

Baca Juga :   Terima Sertipikat, Masyarakat Pekanbaru: Banyak Hal yang Dapat Kami Atasi dengan Sertipikat

Sebagai informasi, terdapat 105 sertipikat tanah yang akan diserahkan di Kelurahan Malalayang Dua, Kota Manado merupakan hasil program Redistribusi Tanah serta Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Penyerahan tiga sertipikat berlangsung secara door to door kepada masyarakat yang berprofesi sebagai tukang kayu, petani dan nelayan.

Tak hanya itu, Menteri ATR/Kepala BPN juga menyerahkan sertipikat untuk rumah ibadah di Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Tingkulu. Sertipikat tersebut diperuntukkan bagi GMIM Anugerah Tingkulu dengan jumlah jemaat sebanyak 860 orang dan GMIM Yosua Paal IV dengan jumlah jemaat sebanyak 123 orang.

Baca Juga :   Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Ungkap Capaian Reforma Agraria dalam Penyelesaian Konflik Agraria dan Redistribusi Tanah

“Ini menjadi perjalanan dinas pertama saya sebagai Menteri ATR/Kepala BPN, kami terbiasa bekerja di lapangan untuk menyapa langsung masyarakat. Saya rasa itu yang paling efektif karena mendengarkan keluhan, harapan atau aspirasi masyarakat itu bukan hanya menginspirasi ataupun menggerakkan kita, tetapi mempercepat kalau ada yang bisa ditangani,” tutur Menteri AHY.

Baca Juga :   Menteri ATR/Kepala BPN Serahkan Sertipikat Tanah kepada para Korban Lumpur Lapindo

Adapun dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Sulawesi Utara ini, Menteri ATR/Kepala BPN didampingi oleh Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Yulia Jaya Nirmawati; Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Lampri; beberapa Pejabat Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulawesi Utara serta Kepala Kantor Pertanahan Kota Manado, Alexander Rawung Wowiling.

Keesokan harinya, Jumat (23/02/2024), Menteri ATR/Kepala BPN dijadwalkan menghadiri peresmian Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow. Dalam peresmian tersebut akan hadir Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo beserta sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju dan kepala daerah.  (Rza)

MIXADVERT JASAPRO